Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 18:52 WIB | Minggu, 08 Januari 2023

China Tutup 1,000 Lebih Akun Medsos Karena Kritik Kebijakan Wabah COVID-19

Petugas medis memeriksa seorang pasien lanjut usia yang tiba di ruang gawat darurat di sebuah rumah sakit di Beijing, Sabtu, 7 Januari 2023. China telah menangguhkan atau menutup akun media sosial lebih dari 1.000 karena kritikan terhadap kebijakan pemerintah terkait wabah COVID-19 , karena negara bergerak untuk lebih terbuka. (Foto: AP/Andy Wong)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - China telah menangguhkan atau menutup akun media sosial lebih dari 1.000 yang melontarkan kritik terhadap kebijakan pemerintah terkait wabah COVID-19, saat negara tersebut bergerak untuk lebih terbuka.

Platform media sosial Sina Weibo yang populer mengatakan telah menangani 12.854 pelanggaran termasuk serangan terhadap para ahli, sarjana dan pekerja medis dan mengeluarkan larangan sementara atau permanen pada 1.120 akun.

Partai Komunis yang berkuasa sebagian besar mengandalkan komunitas medis untuk membenarkan penguncian yang keras, tindakan karantina dan pengujian massal, yang hampir semuanya tiba-tiba ditinggalkan bulan lalu, yang menyebabkan lonjakan kasus baru yang telah menghabiskan sumber daya medis hingga batasnya. Partai tidak mengizinkan kritik langsung dan memberlakukan batasan ketat pada kebebasan berbicara.

Perusahaan "akan terus meningkatkan penyelidikan dan pembersihan semua jenis konten ilegal, dan menciptakan lingkungan komunitas yang harmonis dan ramah bagi sebagian besar pengguna," kata Sina Weibo dalam pernyataan pada hari Kamis (5/1).

Kritik sebagian besar terfokus pada pembatasan perjalanan terbuka yang membuat orang terkurung di rumah mereka selama berminggu-minggu, terkadang tanpa makanan atau perawatan medis yang memadai.

Kemarahan juga dilampiaskan atas persyaratan bahwa siapa pun yang berpotensi dites positif atau telah melakukan kontak dengan orang tersebut harus dikurung untuk observasi di rumah sakit lapangan, di mana kepadatan penghuni, makanan yang buruk, dan kebersihan sering dikeluhkan.

Biaya sosial dan ekonomi akhirnya memicu protes jalanan yang jarang terjadi di Beijing dan kota-kota lain, kemungkinan memengaruhi keputusan partai untuk segera melonggarkan langkah-langkah yang paling ketat.

China sekarang menghadapi lonjakan kasus dan rawat inap di kota-kota besar dan bersiap untuk penyebaran lebih lanjut ke daerah-daerah yang kurang berkembang dengan dimulainya perjalanan terburu-buru pada libur Tahun Baru Imlek, yang akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang.

Sementara itu, penerbangan internasional masih dikurangi, pihak berwenang mengatakan mereka memperkirakan perjalanan kereta api dan udara domestik akan berlipat ganda selama periode yang sama tahun lalu, sehingga jumlah keseluruhan mendekati periode liburan 2019 sebelum pandemi melanda.

China juga terus maju dengan rencana untuk mengakhiri karantina wajib bagi orang-orang yang datang dari luar negeri mulai hari Minggu (8/1).

Beijing juga berencana untuk mencabut persyaratan bagi siswa di sekolah kota untuk memiliki tes COVID-19 negatif untuk memasuki kampus ketika kelas dilanjutkan 13 Februari setelah liburan liburan. Sementara sekolah akan diizinkan untuk memindahkan kelas secara online jika terjadi wabah baru, mereka harus kembali ke pengajaran tatap muka sesegera mungkin, kata biro pendidikan kota dalam sebuah pernyataan Jumat.

Namun, berakhirnya pengujian massal, kurangnya data dasar seperti jumlah kematian, infeksi dan kasus parah, serta potensi munculnya varian baru telah mendorong pemerintah di negara lain untuk menerapkan persyaratan pengujian virus bagi pelancong dari China.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan keprihatinan tentang kurangnya data dari China, sementara Amerika Serikat mensyaratkan hasil tes negatif untuk pelancong dari China dalam waktu 48 jam setelah keberangkatan.

Otoritas kesehatan China menerbitkan hitungan harian kasus baru, kasus parah, dan kematian, tetapi angka tersebut hanya mencakup kasus yang dikonfirmasi secara resmi dan menggunakan definisi kematian terkait COVID yang sangat sempit. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home