Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:56 WIB | Sabtu, 06 Agustus 2022

China Umumkan Sanksi pada Ketua Kongres AS, Nancy Pelosi

China Umumkan Sanksi pada Ketua Kongres AS, Nancy Pelosi
Ketua Kongers AS, Nancy Pelosi, berbicara bersama Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, di Taipei, Rabu, 3 Agustus 2022. (Foto: Reuters)
China Umumkan Sanksi pada Ketua Kongres AS, Nancy Pelosi
Korps penerbangan angkatan udara dan angkatan laut Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menerbangkan pesawat di lokasi yang tidak ditentukan di China, Kamis, 4 Agustus 2022. China melakukan " serangan rudal presisi" hari Kamis di perairan lepas pantai Taiwan sebagai bagian dari latihan militer yang telah meningkatkan ketegangan di kawasan itu ke tingkat tertinggi dalam beberapa dekade setelah kunjungan Ketua Kngres AS, Nancy Pelosi. (Foto: Xinhua/Fu Gan via AP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China mengumumkan sanksi yang tidak ditentukan terhadap Ketua Kongres Amerika Serikat, Nancy Pelosi, atas kunjungannya awal pekan ini ke Taiwan. Sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri China mengatakan pada hari Jumat (5/8) bahwa Pelosi telah mengabaikan kekhawatiran China dan dengan tegas menentang kunjungannya ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, yang diklaim Beijing.

China mengatakan telah memanggil diplomat Eropa di negara itu untuk memprotes pernyataan yang dikeluarkan oleh negara-negara Kelompok Tujuh (G7) dan Uni Eropa yang mengkritik ancaman latihan militer China di sekitar Taiwan.

Kementerian Luar Negeri pada hari Jumat mengatakan Wakil Menteri, Deng Li, membuat "pernyataan serius" atas apa yang disebutnya "campur tangan nakal dalam urusan internal China."

China telah mengirim kapal angkatan laut dan pesawat tempur serta meluncurkan rudal ke Selat Taiwan sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua Kongres AS, Nancy Pelosi, ke Taiwan, yang dianggap China sebagai wilayahnya sendiri untuk dianeksasi secara paksa jika perlu.

Latihan Militer China di Selat Taiwan

Di pantai China di seberang Taiwan, turis berkumpul pada hari Jumat untuk mencoba melihat sekilas pesawat militer yang menuju ke area latihan. Jet tempur terdengar terbang di atas kepala dan turis yang mengambil foto meneriakkan, “Ayo ambil Taiwan kembali,” melihat ke perairan biru Selat Taiwan dari pulau Pingtan, tempat pemandangan yang populer.

Pada Jumat pagi, China mengirim kapal militer dan pesawat perang melintasi garis tengah Selat Taiwan, kata Kementerian Pertahanan Taiwan, melintasi apa yang telah menjadi zona penyangga tidak resmi antara China dan Taiwan selama beberapa dekade.

Lima dari rudal yang ditembakkan oleh China sejak latihan militer dimulai Kamis mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif Jepang di lepas pantai Hateruma, sebuah pulau jauh di selatan pulau-pulau utama Jepang, kata Menteri Pertahanan Jepang, Nobuo Kishi. Dia mengatakan Jepang memprotes pendaratan rudal China sebagai "ancaman serius terhadap keamanan nasional Jepang dan keselamatan rakyat Jepang."

Kementerian Pertahanan Jepang kemudian mengatakan mereka yakin empat rudal lainnya, yang ditembakkan dari pantai tenggara China di Fujian, terbang di atas Taiwan.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, mengatakan pada hari Jumat bahwa latihan militer China yang ditujukan ke Taiwan merupakan "masalah besar" yang mengancam perdamaian dan keamanan regional.

Di Tokyo, di mana Pelosi mengakhiri perjalanan Asia-nya, dia mengatakan China tidak dapat menghentikan pejabat AS untuk mengunjungi Taiwan. Berbicara setelah sarapan dengan Pelosi dan delegasi kongresnya, Kishida mengatakan peluncuran rudal harus “segera dihentikan.”

Deng mengatakan China akan “mencegah negara dari perpecahan dengan tekad terkuat, menggunakan segala cara dan dengan biaya berapa pun.”

“Kunjungan Pelosi ke Taiwan adalah manipulasi politik yang terang-terangan dan pelanggaran yang terang-terangan dan serius terhadap kedaulatan dan integritas teritorial China,” kata Deng. “Menanggapi kolusi dan provokasi AS-Taiwan, serangan balik China wajar saja.”

Kementerian Luar Negeri China mengatakan pertemuan itu diadakan Kamis malam tetapi tidak memberikan informasi tentang negara mana yang berpartisipasi. Sebelumnya pada hari Kamis, China membatalkan pertemuan para menteri luar negeri dengan Jepang untuk memprotes pernyataan G-7 bahwa tidak ada pembenaran untuk latihan tersebut.

Kedua menteri itu menghadiri pertemuan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Kamboja.

China sebelumnya telah memanggil Duta Besar AS, Nicholas Burns, untuk memprotes kunjungan Pelosi. Pembicara meninggalkan Taiwan pada hari Rabu setelah bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen dan mengadakan acara publik lainnya. Dia melakukan perjalanan ke Korea Selatan dan kemudian Jepang. Kedua negara menjadi tuan rumah pangkalan militer AS dan dapat ditarik ke dalam konflik yang melibatkan Taiwan.

Latihan militer China melibatkan pasukan dari angkatan laut, angkatan udara, pasukan roket, pasukan pendukung strategis dan pasukan pendukung logistik, menurut kantor berita resmi Xinhua.

Mereka diyakini sebagai yang terbesar diadakan di dekat Taiwan dalam hal geografis, dengan Beijing mengumumkan enam zona latihan di sekitar pulau itu.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, berbicara pada latihan Kamis dengan mengatakan, “Saya sangat berharap bahwa Beijing tidak akan membuat krisis atau mencari dalih untuk meningkatkan aktivitas militernya yang agresif. Kami negara-negara di seluruh dunia percaya bahwa eskalasi tidak melayani siapa pun dan dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan yang tidak melayani kepentingan siapa pun.”

Undang-undang AS mengharuskan pemerintah untuk memperlakukan ancaman terhadap Taiwan, termasuk blokade, sebagai masalah yang “sangat memprihatinkan.”

Latihan tersebut akan berlangsung dari Kamis hingga Minggu dan mencakup serangan rudal terhadap sasaran di laut utara dan selatan pulau itu sebagai gema dari latihan militer besar  China terakhir yang bertujuan untuk mengintimidasi para pemimpin dan pemilih Taiwan yang diadakan pada tahun 1995 dan 1996.

Taiwan telah menempatkan militernya dalam siaga dan menggelar latihan pertahanan sipil, tetapi suasana keseluruhan tetap tenang pada hari Jumat. Penerbangan telah dibatalkan atau dialihkan dan nelayan tetap berada di pelabuhan.

Di pelabuhan utara Keelung, Lu Chuan-hsiong, 63, sedang menikmati berenang pagi hari Kamis, mengatakan dia tidak khawatir. “Semua orang menginginkan uang, bukan peluru,” kata Lu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home