Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:30 WIB | Kamis, 12 Desember 2019

Citra Satelit: Iran Bangun Terowongan di Perbatasan Irak dan Suriah

Citra satelit dari IS yang menunjukkan terowongan yang dibangun Iran di perbatasan Irak dan Suriah. (Foto: dari Al Arabiya)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM-Iran tengah menggali terowongan di pangkalan militer “Imam Ali” di Suriah, di dekat perbatasan dengan Irak, menurut gambar satelit terbaru.

Gambar-gambar yang dirilis oleh ImageSat Intl. (ISI), diperkirakan lebar terowongan sekitar empat atau lima meter, yang cukup untuk dilewati truk, dan mungkin untuk menyimpan sistem senjata canggih atau elemen sensitif lainnya, menurut ISI, dikutip Al Arabiya.

Sebelumnya, ISI juga menampilkan citra satelit yang menunjukkan Iran sedang membangun di perbatasan Suriah dan Irak, yang akan membuka rute darat yang diharapkan Iran untuk mencapai Lebanon.

Gambar tersebut menunjukkan konstruksi baru di persimpangan Albukamal Al-Qaim. Daerah itu berada di bawah kendali milisi Syiah pro-Iran, dan sebelumnya, Iran meningkatkan kehadirannya di daerah tersebut.

Menurut analis ISI yang menangkap data satelit tersebut, bahwa penyeberangan perbatasan yang ada masih ditutup dan dihancurkan, dan Iran telah melakukan banyak upaya dan sumber daya untuk membangun yang baru.

Penyeberangan perbatasan akan memungkinkan Iran untuk mempertahankan akses tanah di Suriah, Beirut dan Laut Mediterania. Sumber-sumber regional dan barat mengatakan Iran berencana menggunakan rute baru ini untuk operasi penyelundupan, termasuk perdagangan senjata dan minyak, untuk menghindari sanksi Amerika Serikat yang makin ketat.

Tanpa pengawasan Suriah atau Irak yang terus dilanda kekacauan, Iran dan sekutunya akan memiliki keleluasaan dalam mentransfer apa pun yang mereka inginkan, menurut para ahli.

Iran adalah sekutu rezim Suriah, Bashar al-Assad, dan telah menawarkan penasihat militer, mengirim milisi sekutu dan dukungan material untuk membantu pasukan pemerintah Suriah dalam perang saudara selama delapan tahun.

Sementara itu, Israel menganggap Iran sebagai ancaman keamanan nasional, terutama kehadirannya di Suriah yang berbatasan dengan Israel. Pihak Israel mengatakan bahwa tidak akan mentolerir kehadiran Iran di perbatasannya. Beberapa kali, Israel juga mengakui serangan yang menargetkan kehadiran pasukan Iran yang mencolok di Suriah.

Pada hari Minggu, serangan udara oleh pesawat tempur tak dikenal telah menewaskan lima pejuang pro-Iran di provinsi Deir Ezzor, Suriah timur, dekat perbatasan Irak, kata seorang pemantau perang Suriah yang berbasis di Inggris.

Editor : Sabar Subekti

Kampus Maranatha
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home