Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 08:06 WIB | Rabu, 30 Maret 2022

“CODA” Berkisah tentang Keluarga Tunarungu, Dinobatkan sebagai Film Terbaik

“CODA” Berkisah tentang Keluarga Tunarungu, Dinobatkan sebagai Film Terbaik
Pemeran dan kru "CODA" menerima penghargaan untuk film terbaik di Oscar pada Minggu, 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles. (Foto: AP/Chris Pizzello)
“CODA” Berkisah tentang Keluarga Tunarungu, Dinobatkan sebagai Film Terbaik
Will Smith menerima penghargaan untuk penampilan terbaik oleh seorang aktor dalam peran utama untuk "King Richard" di Oscar pada hari Minggu, 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles. (Foto : AP/Chris Pizzello)
“CODA” Berkisah tentang Keluarga Tunarungu, Dinobatkan sebagai Film Terbaik
Jessica Chastain tiba di Oscar pada Minggu, 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles. Dia dinobatkan sebagai aktris terbaik dalam perannya di film “The Eyes of Tammy Faye.” (Foto: AP/Jae C.Hong)
“CODA” Berkisah tentang Keluarga Tunarungu, Dinobatkan sebagai Film Terbaik
Youn Yuh-jung, kanan, memberikan pada Troy Kotsur penghargaan untuk penampilan terbaik sebagai aktor dalam pendukung untuk Film "CODA" di Oscar pada hari Minggu, 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles. (Foto: AP/Chris Pizzello)
“CODA” Berkisah tentang Keluarga Tunarungu, Dinobatkan sebagai Film Terbaik
Ariana DeBose, pemenang penghargaan untuk penampilan terbaik oleh aktris dalam peran pendukung untuk "West Side Story," berpose di ruang pers di Oscar pada hari Minggu, 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles. (Foto: Jordan Strauss/Invision/AP)
“CODA” Berkisah tentang Keluarga Tunarungu, Dinobatkan sebagai Film Terbaik
Jane Campion sutradara terbaik dalam film “The Power of the Dog”. (Foto: AP/John Locher)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM-Setelah satu tahun film yang sering disorot penonton, Academy Awards menyebut drama keluarga tunarungu "CODA," film terbaik pada hari Minggu (27/3) waktu setempat, menyerahkan penghargaan tertinggi Hollywood ke layanan streaming untuk pertama kalinya.

“CODA” karya Sian Heder, yang pertama kali ditayangkan perdana di Sundance Film Festival virtual pada musim dingin 2021, dimulai sebagai underdog tetapi secara bertahap muncul sebagai favorit Oscar. Itu juga memiliki satu pendukung yang sangat berkantung di Apple TV +, yang mencetak Academy Award film terbaik pertamanya pada hari Minggu, kurang dari tiga tahun setelah meluncurkan layanan.

Itu juga memberikan kekalahan nyaris gagal lagi kepada Netflix, streamer veteran yang selama bertahun-tahun telah mencoba dengan sia-sia untuk mencetak gambar terbaik. Peluang terbaiknya, "The Power of the Dog" karya Jane Campion, masuk dengan 12 nominasi teratas.

Tapi "CODA" meniti gelombang niat baik yang didorong oleh para pemainnya termasuk Marlee Matlin, Troy Kotsur dan Daniel Durant. Ini adalah film pertama dengan sebagian besar pemain tuli yang memenangkan film terbaik.

“CODA” berhasil melakukannya meskipun menjadi salah satu film dengan nominasi paling sedikit dengan hanya tiga yang masuk ke hari Minggu. Sejak tahun 1932, film "Grand Hotel" menjadi film yang memenangkan film terbaik dengan kurang dari empat anggukan.

Sebelumnya, Academy Awards ke-94 yang terus mempertahankan semangatnya diguncang oleh pertukaran yang luar biasa setelah Will Smith, memenangti aktor terbaik di film “King Richadr”. Dia tersinggung dengan lelucon yang dibuat oleh Chris Rock tentang istrinya, Jada Pinkett Smith.

Will Smith Aktor Terbaik

Will Smith, kanan, memukul presenter Chris Rock di atas panggung saat mempersembahkan penghargaan untuk film dokumenter terbaik di Oscar pada Minggu, 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles.

Smith, yang memerankan ayah Venus dan Serena Williams di "King Richard," kemudian di acara itu memenangkan aktor terbaik, Oscar pertamanya. Itu berarti Smith kembali naik panggung tak lama setelah apa yang tampaknya menjadi salah satu momen paling terkenal dalam sejarah Academy Awards.

“Richard Williams adalah pembela keluarga yang tangguh,” kata Smith dalam sambutan pertamanya. Dia melanjutkan: "Saya dipanggil dalam hidup saya untuk mencintai orang dan melindungi orang dan menjadi sungai bagi orang-orang saya."

Smith membagikan apa yang dikatakan Washington kepadanya: “Pada saat tertinggi, Anda, berhati-hatilah karena saat itulah iblis datang untuk Anda.” Pada akhirnya, Smith meminta maaf kepada akademi dan sesama nominasi.

Aktris Terbaik Jessica Chastain

Aktris terbaik jatuh ke tangan Jessica Chastain, yang juga memenangkan Oscar pertamanya. Chastain menang untuk penggambaran empatinya tentang televangelist Tammy Faye di “The Eyes of Tammy Faye,” sebuah film yang juga ia produksi. Penghargaan tersebut diberikan oleh Anthony Hopkins, yang tahun lalu tidak hadir ketika ia secara mengejutkan memenangkan aktor terbaik dalam penghargaan terakhir upacara itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home