Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:20 WIB | Selasa, 02 November 2021

COP26, Boris Johnson: Dunia Terikat pada Perangkat Kiamat

COP26, Boris Johnson: Dunia Terikat pada Perangkat Kiamat
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, kiri, dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, kanan, menyapa Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, pada KTT Iklim PBB COP26 di Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11). KTT iklim PBB di Glasgow berkumpul para pemimpin dari seluruh dunia, di kota terbesar di Skotlandia, untuk memaparkan visi mereka untuk mengatasi tantangan bersama dari pemanasan global. (Christopher Furlong/pool via AP)
COP26, Boris Johnson: Dunia Terikat pada Perangkat Kiamat
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, berbicara selama upacara pembukaan KTT Iklim PBB COP26, di Glasgow, Skotlandia, hari Senin (1/11). KTT iklim PBB di Glasgow mengumpulkan para pemimpin dari seluruh dunia, di kota terbesar Skotlandia, untuk meletakkan mewujudkan visi mereka untuk mengatasi tantangan bersama dari pemanasan global. (Foto: AP/Alberto Pezzali)
COP26, Boris Johnson: Dunia Terikat pada Perangkat Kiamat
Oxfam 'Big Head', karikatur para pemimpin dunia memprotes di pinggiran KTT Iklim PBB COP26 di Glasgow, Skotlandia, hari Senin (1/11. (Foto: AP/Scott Heppell)

GLASGOW, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Inggris Boris Johnson membuka KTT iklim global hari Senin (1/11), dengan mengatakan dunia terikat pada "perangkat kiamat." Johnson menyamakan posisi Bumi yang terus menghangat dengan agen rahasia fiksi James Bond yang diikat ke sebuah bom yang akan menghancurkan planet ini dan mencoba mencari cara untuk menjinakkannya.

Dia mengatakan kepada para pemimpin bahwa "kita berada di posisi yang kira-kira sama", hanya sekarang "perangkat kiamat yang berdetak" itu nyata dan bukan fiksi. Ancamannya adalah perubahan iklim yang dipicu oleh pembakaran batu bara, minyak dan gas alam, dan dia menunjukkan bahwa semuanya dimulai di Glasgow dengan mesin uap James Watt yang ditenagai oleh batu bara.

Dia memulai bagian puncak para pemimpin dunia dari konferensi iklim PBB, yang bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan untuk mengendalikan emisi karbon cukup cepat untuk menjaga pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius (2,7 derajat Fahrenheit) di bawah tingkat pra industri.

Dunia telah menghangat 1,1 derajat Celcius (2 derajat Fahrenheit). Proyeksi saat ini berdasarkan pengurangan emisi yang direncanakan selama dekade berikutnya adalah untuk mencapai 2,7C (4,9F) pada tahun 2100.

Waktu Sekarang

Johnson mengatakan kepada KTT bahwa umat manusia telah kehabisan waktu dalam hal perubahan iklim, dan waktu untuk bertindak adalah sekarang. Dia menunjukkan bahwa lebih dari 130 pemimpin dunia yang berkumpul memiliki usia rata-rata di atas 60 tahun, sementara generasi yang paling dirugikan oleh perubahan iklim belum lahir.

Pemimpin Inggris membuat catatan suram pada malam konferensi, setelah para pemimpin dari Kelompok 20 ekonomi utama hanya membuat komitmen iklim sederhana pada pertemuan puncak mereka di Roma akhir pekan ini.

Setelah Johnson, sejumlah pemimpin lainnya akan naik ke podium pada hari Senin dan Selasa pada pembicaraan iklim internasional yang penting di Skotlandia dan berbicara tentang apa yang akan dilakukan negara mereka tentang ancaman pemanasan global. Dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden hingga Presiden Seychelles Wavel John Charles Ramkalawan, mereka diharapkan untuk mengatakan bagaimana negara mereka akan melakukan yang terbaik, menantang rekan kerja untuk berbuat lebih banyak dan secara umum memunculkan retorika.

Nama-nama terbesar, termasuk Biden, Johnson, Narendra Modi dari India, Emmanuel Macron dari Prancis dan Ibrahim Solih, presiden Maladewa yang terpukul keras, akan naik ke panggung hari Senin.

Dan Kemudian Para Pemimpin Akan Pergi

Idenya adalah bahwa mereka akan melakukan “politik memberi dan menerima” yang besar, menetapkan garis besar kesepakatan, dan kemudian meminta pejabat pemerintah lainnya menuntaskan rincian yang mengganggu tetapi penting. Itulah yang berhasil membuat kesepakatan iklim Paris 2015 yang bersejarah, kata mantan Sekretaris Iklim PBB, Christiana Figueres.

“Untuk kepala negara, ini sebenarnya lebih baik menggunakan pemikiran strategis mereka,” kata Figueres.

Di Paris, dua tujuan utama: batas 1,5 derajat Celcius dan emisi nol karbon bersih pada tahun 2050, dibuat oleh proses yang mengutamakan pemimpin ini, kata Figueres. Dalam pertemuan Kopenhagen 2009 yang gagal, para pemimpin akhirnya masuk.

Tidak Hadir

Ribuan orang berbaris dalam angin dingin di kota Glasgow, Skotlandia pada hari Senin untuk melewati kemacetan di pintu masuk ke tempat tersebut. Tapi apa yang akan terlihat adalah beberapa ketidakhadiran besar di KTT yang dikenal sebagai COP26.

Xi Jinping, presiden negara penghasil karbon terbesar China, tidak akan berada di Glasgow. Ketidakhadirannya bukanlah masalah besar, kata Figures, karena dia tidak meninggalkan negara itu selama pandemi dan utusan iklimnya adalah seorang negosiator senior.

Biden, bagaimanapun, telah mencaci China dan Rusia karena upaya mereka yang kurang ambisius untuk mengendalikan emisi dan menyalahkan mereka atas pernyataan G20 yang mengecewakan tentang perubahan iklim.

Mungkin yang lebih menyusahkan untuk KTT PBB adalah tidak adanya beberapa negara kecil dari pulau-pulau Pasifik yang tidak dapat hadir karena pembatasan dan logistik COVID-19. Itu masalah besar karena suara mereka sangat urgen, kata Figueres.

Selain itu, kepala beberapa negara berkembang utama di luar China juga melewatkan KTT, termasuk dari Rusia, Turki, Meksiko, Brasil, dan Afrika Selatan. Itu membuat Modi dari India satu-satunya pemimpin yang hadir dari apa yang disebut negara-negara BRICS, yang menyumbang lebih dari 40% emisi global.

Kevin Conrad, seorang negosiator dari Papua Nugini yang juga memimpin Koalisi untuk Negara-negara Hutan Hujan, mengatakan bahwa dia mengamati negara-negara besar penghasil karbon. “Saya pikir sangat penting bagi Amerika Serikat dan China untuk menunjukkan kepemimpinan sebagai dua penghasil emisi terbesar. Jika keduanya dapat menunjukkan bahwa itu bisa dilakukan, saya pikir mereka memberi harapan kepada seluruh dunia,” katanya.

Cuaca Ekstrem

Jumlah energi yang dilepaskan oleh pemanasan semacam itu akan mencairkan sebagian besar es di planet ini, menaikkan permukaan laut global dan sangat meningkatkan kemungkinan dan intensitas cuaca ekstrem, kata para ahli.

Namun sebelum KTT iklim PBB, para pemimpin G20, pada akhir pertemuan mereka, menawarkan janji iklim yang tidak jelas, alih-alih komitmen tindakan tegas, dengan mengatakan mereka akan mencari netralitas karbon “pada atau sekitar pertengahan abad.” Negara-negara tersebut juga setuju untuk mengakhiri pembiayaan publik untuk pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri, tetapi tidak menetapkan target untuk menghapus batu bara secara bertahap di dalam negeri, sebuah keputusan yang pasti diterima China dan India.

Negara-negara G-20 mewakili lebih dari tiga perempat emisi yang merusak iklim dunia dan tuan rumah KTT Italia, dan Inggris, yang menjadi tuan rumah konferensi Glasgow, telah mengharapkan target yang lebih ambisius dari Roma.

India, penghasil emisi terbesar ketiga di dunia, belum mengikuti China, AS, dan Uni Eropa dalam menetapkan target untuk mencapai emisi “nol bersih”. Negosiator berharap Modi akan mengumumkan gol seperti itu di Glasgow.

Pemerintahan Biden berusaha keras untuk meredam ekspektasi bahwa pembicaraan iklim selama dua pekan akan menghasilkan terobosan besar dalam mengurangi emisi yang merusak iklim. Alih-alih perbaikan cepat, “Glasgow adalah awal dari perlombaan dekade ini, jika Anda mau,” kata utusan iklim Biden, John Kerry, kepada wartawan hari Minggu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home