Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 05:44 WIB | Minggu, 15 Mei 2022

COVID-19: Korea Utara Laporkan 21 Kematian dan 174.440 Kasus Baru

Foto oleh pemerintah Korea Utara, pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menghadiri pertemuan tentang strategi anti virus di Pyongyang, Korea Utara Sabtu, 14 Mei 2022. Wartawan independen tidak diberi akses untuk meliput peristiwa yang digambarkan dalam foto ini didistribusikan oleh pemerintah Korea Utara. Konten gambar ini adalah seperti yang disediakan dan tidak dapat diverifikasi secara independen. Tanda tanda air Korea pada foto yang disediakan oleh sumber berbunyi: "KCNA" yang merupakan singkatan dari Korean Central News Agency. (Kantor Berita Pusat Korea/Layanan Berita Korea via AP)

PYONGYANG, SATUHARAPAN.COM-Korea Utara pada Sabtu (14/5) melaporkan 21 kematian baru dan 174.440 lebih banyak orang dengan gejala demam ketika negara itu berjuang untuk memperlambat penyebaran COVID-19 di seluruh populasinya yang tidak divaksinasi.

Kematian dan kasus baru, yang berasal dari hari Jumat, meningkatkan jumlah total menjadi 27 kematian dan 524.440 kasus terinfeksi di tengah penyebaran demam yang cepat sejak akhir April. Korea Utara mengatakan 243.630 orang telah pulih dan 280.810 tetap dikarantina.

Namun media pemerintah Korea Utara tidak merinci berapa banyak kasus demam dan kematian yang dikonfirmasi sebagai infeksi COVID-19.

Negara itu memberlakukan apa yang digambarkannya sebagai tindakan pencegahan maksimum pada hari Kamis (12/5) setelah mengkonfirmasi kasus COVID-19 pertamanya sejak awal pandemi. Negara itu sebelumnya telah bertahan selama lebih dari dua tahun untuk klaim yang sangat diragukan tentang rekor sempurna mencegah virus yang telah menyebar ke hampir di setiap tempat di dunia.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un selama pertemuan Politbiro partai yang berkuasa pada hari Sabtu menggambarkan wabah itu sebagai "pergolakan besar" secara historis dan menyerukan persatuan antara pemerintah dan rakyat untuk menstabilkan wabah secepat mungkin.

Para pejabat selama pertemuan itu terutama membahas cara-cara untuk segera mendistribusikan pasokan medis yang telah dikeluarkan negara itu dari cadangan daruratnya, kata Kantor Berita Pusat Pyongyang.

Dalam sebuah laporan yang dipresentasikan kepada Politbiro, kantor epidemi darurat Korea Utara menyalahkan sebagian besar kematian pada "kesalahan seperti terlalu banyak minum obat, kehilangan perawatan medis ilmiah."

Kim, yang mengatakan dia menyumbangkan beberapa persediaan obat-obatan pribadinya untuk membantu kampanye anti-virus, menyatakan optimisme bahwa negara itu dapat mengendalikan wabah, dengan mengatakan bahwa sebagian besar penularan terjadi di dalam komunitas yang terisolasi satu sama lain dan tidak menyebar dari daerah ke daerah.

Dia meminta para pejabat untuk mengambil pelajaran dari tanggapan pandemi yang sukses dari negara-negara lain dan mengambil contoh di China, sekutu utama Korea Utara.

China, bagaimanapun, telah menghadapi tekanan untuk mengubah apa yang disebut strategi "nol-COVID" yang telah membuat kota-kota besar terhenti karena berjuang untuk memperlambat varian omicron yang bergerak cepat.

Korea Utara sejak Kamis telah memberlakukan langkah-langkah yang bertujuan membatasi pergerakan orang dan pasokan antara kota dan kabupaten, tetapi deskripsi media pemerintah tentang langkah-langkah itu menunjukkan orang-orang tidak dikurung di rumah mereka.

Para ahli mengatakan kegagalan untuk mengendalikan penyebaran COVID-19 dapat memiliki konsekuensi yang menghancurkan di Korea Utara, mengingat sistem perawatan kesehatan negara itu yang buruk dan 26 juta penduduknya sebagian besar tidak divaksinasi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home