Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:21 WIB | Minggu, 05 Juni 2022

Cuaca Panas di Saudi, Menag Minta Jemaah Haji Jaga Kesehatan

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan pesan pada jemaah haji Indonesia, hari Sabtu (4/6). (Foto: Humas Kemenag)

BANTEN, SATUHARAPAN.COM-Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan karena cuaca panas di Arab Saudi.

"Saya berharap Bapak Ibu sekalian menjaga kesehatan. Sering-sering minum air putih, vitamin jangan lupa diminum," katanya ketika melepas kloter pertama Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) pada hari Sabtu (4/6) di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

Gus Men juga mengimbau jemaah untuk membatasi kegiatan di luar ibadah. "Hanya lakukan kegiatan ibadah. Dan kegiatan di luar ibadah, seperlunya. Saya berharap ini benar-benar diperhatikan Bapak Ibu sekalian, agar selama pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar, dan (bisa) melaksanakan semua syarat dan rukun haji," katanya.

Fase pemberangkatan jemaah haji Indonesia 1443 H/2022 M dimulai. Hal ini ditandai dengan pemberangkatan 2.776 jemaah yang tergabung dalam tujuh kloter dari lima embarkasi.

Di hadapan 393 jemaah haji asal DKI Jakarta, Gus Men, memberikan sejumlah pesan kepada jemaah, termasuk mengajak para Dhuyufurrahman untuk kembali menata niat.

"Di tata kembali niatnya ke tanah suci ini untuk beribadah, untuk melaksanakan rukun islam yang kelima. Menyempurnakan keislaman kita. Niat kita ke tanah suci ini ibadah. Tidak ada yang lain-lain," katanya.

Dia juga berpesan agar para Dhuyufurrahman tidak segan-segan untuk bertanya kepada petugas bila mengalami kendala selama pelaksanaan ibadah haji. "Jangan segan-segan bertanya kepada petugas bila mengalami kendala. Karena Kementerian Agama sudah menugaskan banyak sekali petugas di sana untuk membantu Bapak Ibu sekalian," katanya.

Petugas yang disiapkan, meliputi pendamping kloter dan petugas yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Selama perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji, tiap kloter disertai empat orang petugas yang terdiri dari satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), satu orang Tim Pembimbing Ibadah haji Indonesia ( TPIHI), serta dua orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

"Semua ini disiapkan untuk membantu para jemaah dalam pelaksanaan ibadah agar lancar," kata Menag. "Mari bersama sama berdoa agar ibdah haji kita diterima oleh ALlah SWT. Sepulangnya kita dari ibadah haji ini dapat menjadi haji dan hajjah mabrur mabrurah," kata Menag.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home