Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 21:46 WIB | Senin, 19 Oktober 2020

Daftar Game Seru yang Wajib Dimainkan Penggemar Nintendo Switch

Nintendo Switch (Foto: nintendo.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Anda yang lahir di tahun 80-an hingga 90-an pasti mengenal konsol game sejuta umat yang sering dimainkan saat senggang, Nintendo. Jika dulu bentuk konsol game ini seperti balok tebal dengan dua stik berkabel yang terkadang bisa tercabut dari tempatnya saking serunya bermain, maka saat ini Nintendo bertransformasi menjadi Nintendo Switch yang jauh lebih ringkas namun jauh lebih hebat dalam memanjakan Anda yang hobi bermain game. Berbicara tentang tampilan fisiknya, Nintendo Switch ini mungkin mengingatkan Anda dengan salah satu seri ponsel gaming besutan perusahaan asal Finlandia yang dikabarkan sempat gulung tikar namun ternyata bertahan sampai sekarang. 

Perbedaannya adalah Nintendo Switch memiliki desain super unik yang memungkinkan Anda bermain game berdua karena bagian kanan dan kirinya yang berfungsi sebagai stik game bisa dilepas! Anda bisa bayangkan betapa serunya bermain game favorit dengan rival yang ada persis di sebelah Anda tanpa terganggu kabel yang menjulur atau membawa perangkat berat ke depan TV. Nah, bagi Anda penggemar Nintendo Switch berikut ini adalah daftar game keren yang wajib dimainkan. Atau Anda malah sudah mencobanya?

Super Mario Odyssey

Generasi 90-an pasti sangat familiar dengan game Mario Bros yang ikonik dengan karakter si ahli pipa Mario yang bertopi merah dan saudaranya, Luigi yang bertopi hijau. Kali ini Mario hadir dalam game baru bernama Super Mario Odyssey. Mungkin karena memiliki sejarah panjang yang sangat mengena di hati para pemainnya, game ini termasuk salah satu yang populer dan banyak dimainkan di konsol Nintendo Switch. Di game ini, Mario memiliki misi untuk menyelamatkan tuan putri dari kerajaan Peach yang ditawan oleh karakter kura-kura jahat bernama Bowser yang ingin menikahinya. Dengan kekuatan ajaib dari Cappy – karakter topi yang dikenakan Mario – Mario bisa melebur dengan berbagai objek atau musuh sehingga permainan ini secara menarik bisa dimenangkan dengan menggunakan kekuatan musuh yang berbeda-beda.

Game 3D ini memberikan pengalaman yang seru karena Anda harus menyelesaikan berbagai puzzle dan rintangan yang membuat pemainnya gemas. Jangan lupa untuk mengumpulkan power moons, yakni item yang perlu dikumpulkan untuk bisa menuju area selanjutnya dan segera kalahkan Bowser jahat yang menawan sang putri.

Super Smash Bros. Ultimate

Selain game platform seperti Mario Odyssey, penggemar konsol game Nintendo Switch juga suka memainkan game bergenre fighting seperti Super Smash Bros. Ultimate. Salah satu hal yang unik dari game ini adalah pilihan karakternya yang super banyak dan diadopsi dari game lain. Sebut saja karakter Mario, Link, Kirby, Pikachu hingga Mewtwo. Menariknya lagi, masing-masing franchise game yang karakternya Anda temui di game ini memiliki stage dan OST-nya masing-masing jadi Anda akan merasa seakan memainkan permainan yang berbeda padahal masih berada dalam satu game.

Jalan cerita dan aksi yang bisa Anda lakukan di game ini mungkin tak perlu diulas banyak karena sebagai penggila game Nintendo Anda pasti sudah familiar dengan genre fighting. Yang perlu Anda ketahui adalah game ini sangat cocok dimainkan saat sedang berkumpul dengan sahabat atau keluarga karena dapat dimainkan hingga 8 orang sekaligus! Kalau begini tak perlu bingung harus bermain apa ketika banyak orang berkumpul. Saking hebohnya permainan ini, game Super Smash Bros. Ultimate ini bahkan menjadi game fighting dengan penjualan terbanyak sepanjang sejarah. Keren nggaktuh?

The Legend of ZeldaBreath of Wild

Cukup untuk pembahasan game yang berbau Mario. Sekarang mari beralih ke game retro yang digandrungi para gamers. Ya, The Legend of Zelda: Breath of Wild adalah sebuah permainan beraliran petualangan yang memiliki karakter ikonik bernama Link, seorang prajurit elf atau peri berbaju hijau. Berbeda dengan seri awalnya yang dirilis di tahun 1980-an, kali ini The Legend of Zelda: Breath of Wild menawarkan pengalaman open-world yang terasa nyata dengan grafis memesona.

Diceritakan dalam permainan ini tokoh Link tertidur lelap selama 100 tahun demi menghindari serangan karakter Ganon yang saat itu berhasil menguasai Kerajaan Hyrule. Dalam masa kelam tanpa kehadiran sosok Link tersebut, Zelda Sang Puteri berusaha mengusir Calamity Ganon sembari menunggu Link terbangun dan menumpas kejahatan dan merebut kembali Hyrule. Wah, bisa dibayangkan ya, betapa seru dan sengitnya pertempuran Zelda dan Ganon yang tak henti menciptakan kekacauan di Hyrule Kingdom ini.

Nah, selain jalan ceritanya yang secara umum menarik, detail permainan ini juga asyik dimana Anda harus mengumpulkan orbs yang didapatkan setelah menyelesaikan puzzle pada setiap shrine. Meskipun tak harus menyelesaikan semua shrine yang tersebar di berbagai area, namun lebih baik Anda menaklukkan sebanyak mungkin demi mengumpulkan lebih banyak orbs yang akan memudahkan permainan melawan tokoh Ganon yang jahat. Bukan hanya itu, ternyata game ini juga dilengkapi dengan selingan menarik seperti memasak, memahat, dan juga berburu. Dan ajaibnya, semua yang Anda hasilkan dari kegiatan tersebut akan memiliki kekuatan dan kelebihan masing-masing. Misalnya saja saat memasak, masakan yang dibuat bisa memiliki efek menambah nyawa, memerkuat pertahanan dan sebagainya. Seperti nyata, ya.

Pokemon Let’s Go Pikachu and Eevee

Ini dia yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta Nintendo. Pikachu merupakan karakter ikonik dalam game Pokemon yang sebenarnya sudah ada lebih dari 10 tahun yang lalu. Nah, di Pokemon Let’s Go Pikachu and Eevee Anda akan disuguhkan pengalaman bermain game yang berbeda karena meskipun mengadopsi karakter sentral yang sama, namun mekanisme game-nya sendiri berbeda dengan versi awalnya dulu. Dan sebagai info tambahan, permainan ini hadir dengan dua versi dimana letak perbedaannya ada pada Pokemon yang Anda miliki di awal permainan dan ketika permainan sudah berjalan. Di awal permainan Anda hanya akan memiliki 2 Pokemon saja yakni Pikachu dan Eevee. Seiring berjalannya waktu, jenis Pokemon yang Anda miliki akan makin berkembang dan game jadi makin seru tentunya!

Cara memainkan game ini sebenarnya sama dengan Pokemon Let’s Go versi ponsel dimana Anda tidak bisa melawan Pokemon liar untuk bisa mendapatkannya. Yang bisa Anda lakukan adalah hanya dengan mencoba menangkapnya menggunakan Pokeball. Walaupun terkesan monoton, satu hal yang membuat game ini tetap seru dimainkan adalah Anda bisa melakukan Pokemon Battle dengan gym leader, elite four dan berbagai Pokemon trainer lainnya yang ditemui sepanjang perjalanan. Untuk dapat memenangkan pertarungan itu, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menangkap Pokemon yang sama berulang kali sehingga kelebihan jumlah ini berubah menjadi item yang memperkuat Pokemon berjenis sama. Serunya lagi, game Pokemon Let’s Go Pikachu and Eevee menyediakan mode multiplayer yang memungkinkan Anda mabar alias main bareng teman-teman.

Pokemon Sword and Shield

Tahukah Anda bahwa Pokemon Sword and Shield merupakan game Pokemon versi kedelapan yang menjadi penyempurna versi sebelumnya di Nintendo 3DS? Meskipun secara umum cara bermain game ini sama dengan sebelumnya, yakni menangkap Pokemon dan melakukan battle, ada hal lain yang membuatnya berbeda. Dengan menggunakan fitur Dynamax Anda bisa menyulap Pokemon yang dipilih menjadi raksasa dengan kekuatan super. Ini mirip dengan fitur lain bernama Gigantimax yang membuat Pokemon menjadi raksasa sekaligus mengubah tampilannya. Hal menarik dari game ini barangkali adalah jumlah dan jenis Pokemon-nya yang berkembang hingga angka 400 yang bisa Anda koleksi selama game berjalan. Jalan ceritanya sendiri sebenarnya relatif singkat dan pendek sehingga cocok bagi Anda yang malas mengikuti alur panjang dan serius.

Animal CrossingNew Horizon

Tak semua gamers suka dengan permainan yang memacu adrenalin atau mengharuskannya mengejar target tertentu, seperti mengalahkan musuh atau mendapatkan sesuatu yang harus melewati perjuangan berat mengalahkan karakter yang lain. Terkadang Anda juga ingin menyegarkan pikiran dengan game ringan dan santai macam The Sims dan juga Harvest Moon. Dan harapan ini terkabul sebab Anda punya opsi game serupa yang bisa dimainkan di Nintendo Switch: Animal Crossing: New Horizon. Seperti halnya dua game yang disebutkan di atas, pada Animal Crossing: New Horizon Anda akan diberikan kebebasan untuk mengatur kehidupan mengikuti alur permainan tersebut, mulai dari nol hingga nanti menjadi yang terbaik.

Bedanya adalah di game ini Anda akan berada di sebuah pulau kosong dan sepi dan Anda diberikan kebebasan untuk melakukan kegiatan seperti bercocok tanam, bercengkrama dengan hewan di sekitar, memancing dan masih banyak lagi. Namun sebelumnya, Anda harus memilih dulu nih area mana yang cocok untuk mendirikan tenda tempat karakter pilihan Anda tinggal. Dan misi besar yang harus diselesaikan adalah bagaimana caranya supaya tenda yang Anda bangun itu berubah menjadi rumah sampai standar paling tinggi dan juga melunasi hutang-hutang yang dimiliki. Ilustrasi seperti ini mengingatkan Anda pada kehidupan nyata, ya.

Beberapa keunikan game ini adalah grafis dan karakter pemainnya yang menarik serta waktu yang berjalan di sini mengikuti waktu di dunia nyata sehingga memainkan Animal Crossing: New Horizon terasa begitu real seperti Anda berada di dalamnya. Hal ini berbeda dengan The Sims misalnya dimana Anda bisa mempercepat jalannya waktu 60 menit terasa seperti 60 detik. Dengan kata lain,  tokoh yang dimainkan tumbuh dan perkembang sesuai dengan momen yang Anda jalani.

Jadi, itu dia enam game Nintendo Switch yang sedang populer dan banyak dimainkan. Sebetulnya masih ada begitu banyak game lain yang sayang untuk Anda lewatkan, misalnya saja Fire Emblem: Three House yang menceritakan sebuah sekolah yang dihadiri oleh murid dari kerajaan yang berbeda dengan karakteristik yang berbeda pula, atau juga game Luigi’s Mansion 3 dengan karakter utama Luigi yang merupakan adik dari Mario, serta Mario Kart 8 Delux yang merupakan racing game alias game balapan dimana Anda tak hanya bisa berkompetisi namun juga menghalangi lawan untuk menjadi yang terdepan. Terlepas dari game manapun yang Anda sukai, pastikan untuk mengajak teman untuk bermain bersama agar kegiatan ini lebih seru dan menghibur. Readygo!

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home