Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 10:29 WIB | Senin, 27 Juni 2016

Daging Kerbau Impor dari India Tiba di RI 20 Juli

Daging sapi di pasar (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah mengatakan daging kerbau impor dari India akan masuk ke pelabuhan di Indonesia pada 20 Juli mendatang.

Badan Urusan Logistik (Bulog) telah diberi tugas mengimpor 10.000 ton daging kerbau dari India sebagai strategi mengurangi lonjakan harga daging dan mengurangi ketergantungan pada impor dari Australia.

"Saat ini, kita berada dalam tahap akhir dari proses seleksi," kata juru bicara Bulog, Wahyu pada hari Jumat (23/6), sebagaimana dikutip oleh beefcentral.com.

"Kami mengharapkan daging kerbau beku dari India tiba di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara pada 20 Juli sampai 25 Juli," kata dia.

Sementara itu The Jakarta Post melaporkan Bulog saat ini telah memilih 10 rumah pemotongan hewan yang berbasis di wilauah bebas Penyakit Kaki dan Mulut (PMK) di India, berdasarkan rekomendasi oleh Kepartemen Pertanian.

Proses seleksi meliputi verifikasi bebas penyakit.

Pemerintah Indonesia baru saja mengesahkan peraturan yang memungkinkan  impor daging sapi dan atau daging kerbau dari negara-negara dengan zona bebas PMK, dengan persyaratan tertentu dan dengan kondisi yang mencakup kurangnya pasokan atau situasi darurat.

India masih belum diakui oleh Organisasi Kesehatan Hewan Dunia sebagai negara bebas PMK, tapi India mengatakan memiliki beberapa zona bebas penyakit itu.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home