Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 14:57 WIB | Rabu, 03 Maret 2021

Danton TPB OPM Tewas dalam Baku Tembak dengan TNI -Polri

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata (kiri) menunjukkan foto Ferry Elsa. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Tim gabungan TNI-Polri melumpuhkan Ferry Elas (35 tahun), Komandan Peleton Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (Danton TPN OPM) Kodap III Kalikopi Tembagapura, Papua dalam baku tembak dengan aparat di Mile 53 Kabupaten Mimika, Papua.

“Namanya Ferry Elas, jabatan Danton TPN OPM,” kata Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, hari Rabu (3/3) dalam keterangan tertulis oleh Humas Polri.

Ferry Elas adalah komandan di kelompok mereka di bawah pimpinan Joni Botak, yang memiliki banyak catatan tindak kriminal, dan berperan dalam deklarasi penggabungan KKB (kelompok kriminal bersenjata) se-Pegunungan Tengah pada 1 Agustus 2019 di Ilaga.

Dia juga terlibat perampasan HP masyarakat sipil di Ilaga, Kabupaten Puncak pada Agustus 2019, dan ikut KKB gabungan melaksanakan gangguan keamanan di Tembagapura tahun 2020.

Ferry Elas juga tercatat pernah terlibat dalam penyanderaan guru dan tindak pidana pencurian HP korban guru di kampung Jagamin pada 22 Februari 2020. Dia juga terlibat dalam penembakan Pos Pam TNI/Polri di Opitawak pada Maret 2020.

“Barang bukti berupa satu HP yang ditemukan berisi foto-foto Ferry Elas, yang setelah dilakukan investigasi ada persesuaian dengan korban yang ditemukan di TKP, baik pakaian yang digunakan, jam, kalung, anting, postur tubuh, dan wajah, itu menunjukkan Ferry Elas,” kata Era.

Editor : Sabar Subekti

Kampus Maranatha
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home