Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:55 WIB | Jumat, 03 April 2020

Dekranasda Banjar Siapkan Masker Kain Sasirangan Cegah COVID-19

Dekranasda Kabupaten Banjar membuat masker dari kain sasirangan. (Foto: Antara/Gunawan Wibisono)

BANJARMASIN, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menyiapkan masker motif kain sasirangan membantu mengatasi kelangkaan masker di tengah pandemi virus corona atau COVID-19.

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Raudhatul Wardiyah, di Martapura, Jumat (3/4), mengatakan masker yang disiapkan sebanyak 1.500 lembar dan diproduksi di Gedung Dekranasa Banjar di Martapura.

“Masker yang disiapkan dan dibagikan kepada masyarakat bukan masker medis, melainkan masker kain yang tujuan utamanya menjaga saluran napas bagi pemakainya baik hidung dan mulut,” ujarnya.

Ia mengatakan, pembuatan masker dikerjakan industri kecil menengah (IKM) dari Kecamatan Kertak Hanyar di bawah binaan Dekranasda, dengan menggunakan pewarna alami untuk motif kain sasirangannya.

“Masker yang kami siapkan akan dibagikan kepada masyarakat. Kami berharap, pemakaian masker bisa mencegah saluran napas terhindar dari menghirup zat-zat berbahaya termasuk virus corona,” kata istri Bupati Banjar Khalilurrahman itu.

Sebelumnya, puluhan siswa SMK Negeri 1 Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalsel, juga punya andil membantu mengatasi penyebaran virus corona atau COVID-19 di 'Bumi Saraba Kawa' itu dengan memproduksi masker sendiri.

Sebanyak 680 lembar masker buatan siswa jurusan Tata Busana disumbangkan ke rumah sakit dan dinas kesehatan, seperti dikemukakan Kepala SMK Negeri 1 Tanjung Lis Sulastri. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home