Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:18 WIB | Minggu, 13 Februari 2022

Delapan Desa Terdampak Banjir di Kapuas Hulu

Kondisi banjir yang melanda wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat pada Jumat (11/2). (Foto: BPBD Kapuas Hulu)

KAPUAS HULU, SATUHARAPAN.COM-Banjir melanda delapan desa di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, pada hari Jumat (11/2), dengan tinggi muka air sekitar 50 – 100 sentimeter, terjadi pasca hujan dengan itensitas tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, delapan desa terdampak adalah Desa Nanga Luan, Desa Landau Rantau dan Desa Entebi yang terdapat di Kecamatan Silat Hulu. Kemudian Desa Rumbih dan Desa Semeluang yang berada di Kecamatan Silat Hilir. Desa Landau Kumpang, Desa Sejahtera Mandiri dan Desa Nanga Tepuai yang terdapat di Kecamatan Hulu Gurung.

Banjir  menyebabkan 92 unit rumah terendam banjir dan berdampak pada 98 KK / 294 jiwa masyakarat yang bermukim pada desa-desa tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini adanya potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu dan sebagian wilayah di Kalimantan Barat pada Sabtu (12/2) dan Minggu (13/2).

BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemerintah daerah, agar dapat mempersiapkan diri dengan meningkatkan kesiapsiagaan mengingat musim hujan diperkirakan masih berlangsung hingga awal Maret nanti.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home