Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 08:24 WIB | Kamis, 16 Juni 2022

Demonstrasi Memprotes Penghancuran Properti Milik Muslim di India

Sebuah buldoser menghancurkan rumah seorang pria Muslim yang dituduh otoritas negara bagian Uttar Pradesh terlibat dalam kerusuhan pekan lalu, yang meletus menyusul komentar tentang Nabi Muhammad oleh anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa di India, di Prayagraj, India, 12 Juni 2022 (Foto: dok. Reuters)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Protes digelar di banyak kota di India untuk mengecam  pembongkaran rumah dan bisnis milik Muslim, yang oleh para kritikus disebut sebagai pola yang berkembang dari "keadilan buldoser" yang bertujuan untuk menghukum aktivis kelompok minoritas.

Pada hari Minggu, pihak berwenang di negara bagian Uttar Pradesh mengendarai buldoser untuk meruntuhkan rumah Javed Ahmad, yang mereka katakan terkait dengan protes agama Muslim yang berubah menjadi kekerasan pada hari Jumat lalu. Polisi menangkap Ahmad pada hari Sabtu (10/6).

Protes dipicu oleh pernyataan menghina tentang Islam dan Nabi Muhammad baru-baru ini yang dibuat oleh dua juru bicara Partai Bharatiya Janata (BJP) pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi. Partai itu menangguhkan salah satu dari mereka dan memecat yang lain, mengeluarkan pernyataan yang mengatakan "sangat mencela penghinaan terhadap agama mana pun."

Buldoser juga menghancurkan properti pengunjuk rasa di dua kota lain di Uttar Pradesh pekan lalu. Pada bulan April, pihak berwenang di New Delhi menggunakan buldoser untuk menghancurkan toko-toko milik Muslim, beberapa hari setelah kekerasan komunal di mana puluhan orang ditangkap. Insiden serupa telah dilaporkan di negara bagian lain.

“Pembongkaran tersebut merupakan pelanggaran berat terhadap norma dan etika konstitusional,” kata Nilanjan Mukhopadhyay, seorang spesialis politik nasionalis Hindu dan penulis biografi Modi, mengatakan kepada The Associated Press pada hari Rabu (15/6).

Pada hari Selasa (14/6), 12 orang terkemuka, termasuk mantan hakim dan pengacara Mahkamah Agung dan Pengadilan Tinggi, mengirim surat kepada hakim agung India mendesaknya untuk mengadakan sidang tentang pembongkaran, menyebut itu sebagai ilegal dan "suatu bentuk hukuman di luar hukum kolektif." Mereka menuduh pemerintah Uttar Pradesh menekan perbedaan pendapat dengan menggunakan kekerasan terhadap pengunjuk rasa.

Dua orang yang memprotes pernyataan juru bicara partai yang memerintah tewas karena luka tembak dalam bentrokan dengan polisi pada hari Jumat di Ranchi, ibu kota negara bagian Jharkhand.

Beberapa negara mayoritas Muslim juga mengkritik pernyataan tersebut, dan pengunjuk rasa di Bangladesh menyerukan boikot produk India, membuat pemerintah India buru-buru untuk menahan reaksi diplomatik.

Kekerasan meningkat terhadap Muslim oleh nasionalis Hindu yang didorong oleh sikap diam Modi secara teratur atas serangan semacam itu sejak ia terpilih sebagai perdana menteri pada tahun 2014.

Muslim telah menjadi sasaran terkait makanan atau pakaian mereka, atau karena pernikahan antar agama. Kelompok hak asasi manusia, Amnesty International dan Human Rights Watch, menuduh partai Modi melihat ke arah lain dan terkadang memungkinkan ujaran kebencian terhadap Muslim, yang terdiri dari 14 persen dari 1,4 miliar penduduk India. Muslim India merupakan populasi Muslim terbesar kedua di negara mana pun. Namun partai Modi membantah tuduhan itu.

Selama akhir pekan, kepala menteri Uttar Pradesh, Yogi Adityanath, seorang biksu Hindu yang menjadi politisi partai, mengatakan kepada otoritas negara bagian untuk menghancurkan bangunan ilegal milik orang-orang yang terkait dengan protes pada hari Jumat, di mana lebih dari 300 orang ditangkap.

Pada hari Minggu, buldoser mengubah rumah Ahmad menjadi puing-puing setelah pihak berwenang mengklaim itu dibangun secara ilegal, yang dibantah oleh pengacara dan keluarga Ahmad.

“Kalau pembangunannya ilegal, kenapa tidak ada tindakan lebih awal? Mengapa pemerintah menunggu sampai kerusuhan terjadi?” tanya Shaukat Ali dari All India Majlis-e-Ittehadul Muslimeen, sebuah partai politik.

Para pejabat mengatakan pembongkaran hanya menargetkan bangunan ilegal, tetapi kelompok hak asasi manusia dan kritikus mengatakan mereka adalah upaya untuk melecehkan dan meminggirkan Muslim, menunjuk pada gelombang polarisasi agama yang meningkat di bawah pemerintahan Modi.

Pada hari Sabtu, penasihat media Adityanath men-tweet foto buldoser dan menulis, “Kepada para perusuh, ingatlah setiap hari Jumat diikuti oleh hari Sabtu,” menunjukkan akan ada dampak.

Kata-katanya memicu reaksi langsung, dengan banyak yang menyebut penghancuran itu sebagai hukuman yang jelas. “Itu adalah ancaman bahwa jika Anda bersuara menentang pemerintah atau BJP, rumah Anda akan dihancurkan,” kata Lenin Raghuvandhi dari Komite Kewaspadaan Rakyat untuk Hak Asasi Manusia.(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home