Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 03:16 WIB | Sabtu, 16 April 2022

Dengan Satu Kaki Diamputasi, Perempuan Ini Lari Maraton 102 Kali dalam 102 Hari

Dengan Satu Kaki Diamputasi, Perempuan Ini Lari Maraton 102 Kali dalam 102 Hari
Foto disediakan oleh Edwin Broersma, pelari marathon, Jacky Hunt-Broersma, menjalankan maraton ke-80 berturut-turut pada 27 Maret 2022, di dekat rumahnya di Gilbert, Arizona, AS. Hunt-Broersma kehilangan kaki kirinya di bawah lutut karena jenis kanker yang langka, tetapi dia tidak membiarkan hal itu menghentikannya dan mencoba untuk menempuh jarak maraton klasik 26,2 mil setidaknya 102 kali dalam 102 hari, yang akan menetapkan rekor dunia baru. Boston Marathon pada 18 April diharapkan menjadi nomor 92 secara beruntun. (Foto-foto: Edwin Broersma via AP)
Dengan Satu Kaki Diamputasi, Perempuan Ini Lari Maraton 102 Kali dalam 102 Hari
Jacky Hunt-Broersma berlatih pada 28 Agustus 2021 di Taman Regional Gunung San Tan, di Lembah San Tan, Arizona.

BOSTON, SATUHARAPAN.COM-Jacky Hunt-Broersma berlari bak perempuan kesurupan. Dan di satu sisi, dia adalah atlet yang kakinya diamputasi dan mencoba berlari setidaknya melakukan 102 lari maraton dalam 102 hari.

Bulan lalu, sedikit lebih dari dua pertiga menuju tujuannya untuk menetapkan rekor dunia baru untuk maraton back-to-back, dari Afrika Selatan itu memposting sesuatu di Twitter yang membuat orang berbicara.

“Hal pertama yang saya lakukan setelah lari hari ini adalah melepas kaki saya. Merasa sangat baik," tweetnya. “Marathon ke-69 selesai. 31 maraton lagi.”

Itu bulan lalu, dan dia masih berlari, menempuh jarak maraton klasik 26,2 mil (42,2 kilometer) hari demi hari, hujan atau cerah, kadang-kadang di treadmill, tetapi kebanyakan di jalan dan jalan setapak dekat rumahnya di Gilbert, Arizona. Jika rekornya tetap utuh menuju Boston Marathon pada 18 April, itu akan menjadi maraton No. 92.

Berbeda dengan 30.000 lainnya yang berlari di jalur bertingkat, Hunt-Broersma, 46 tahun, akan melakukan maraton sehari sebelumnya. Entah bagaimana, dia harus mengerahkan jiwa dan raga untuk berlari lagi di besok lusa. Dan satu lagi setelah itu. Dan kemudian lagi.

Semua dengan pelat serat karbon yang telah menjadi kaki kirinya sejak dia kehilangan kaki aslinya di bawah lutut karena jenis kanker yang langka.

"Anda berdamai dengan rasa sakit," katanya dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press. “Saya pikir ambang rasa sakit saya mungkin cukup tinggi saat ini. Ini selangkah demi selangkah. ”

Boston adalah satu-satunya maraton bersertifikat yang dia sertakan dalam pencariannya. Yang lain dia berlari di salah satu dari dua putaran di dekat rumahnya atau di dalam ruangan di atas treadmill, mesin monoton yang oleh banyak pelari disebut "dreadmill".

Pada tahun 2001, ketika dia dan suaminya yang berkebangsaan Belanda tinggal di Belanda, Hunt-Broersma didiagnosis menderita sarkoma Ewing, kanker langka yang lebih sering ditemukan pada anak-anak. Semalam, tonjolan seukuran bola golf muncul di bekas luka lama yang telah menjadi lunak. Biopsi mengkonfirmasi yang terburuk, dan dalam beberapa pekan, kakinya diamputasi di bawah lutut.

“Perjuangan terbesar adalah menerima bagian tubuh saya yang hilang,” katanya. (Sejak itu dia berdamai dengan itu: T-shirt favorit bertuliskan, “A Zombie Chewed It Off.”

Sampai lima tahun yang lalu, dia sama sekali tidak atletis. Pelat serat karbon yang dirancang untuk berjalan biayanya sekitar US$ 10.000 dan tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan. Orang-orang yang selamat dari pemboman Boston Marathon 2013, yang menewaskan tiga penonton dan melukai 260 lainnya, mengalami masalah yang sama ketika mereka berusaha untuk merebut kembali hidup mereka.

“Lari benar-benar mengubah hidup saya,” katanya. “Itu membantu saya menerima diri saya sebagai orang yang diamputasi. Itu memberi saya rasa kebebasan. Saya jatuh cinta dengan proses mendorong tubuh saya lebih jauh hanya untuk melihat apa yang bisa saya lakukan.”

Maraton berikutnya adalah lari ultra dalam jarak yang lebih jauh, termasuk lomba lari 100 mil (160 kilometer). Jadi ketika Hunt-Broersma mengetahui bahwa Alyssa Amos Clark, seorang pelari non-cacat dari Bennington, Vermont, menempuh jarak maraton 95 hari berturut-turut pada tahun 2020, sebuah ide lahir: Dia akan melakukan 100 kali. Rencana itu digagalkan pekan ini ketika pelari Inggris, Kate Jayden, menyelesaikan 101 maraton dalam beberapa hari, jadi Hunt-Broersma memiliki tujuan baru: "Sekarang saya akan setidaknya 102."

“Saya berharap itu akan menginspirasi banyak orang untuk keluar dari zona nyaman mereka dan mendorong sedikit lebih jauh,” katanya.

Dia khawatir kakinya akan menjadi kasar dan sakit, dan dua pekan pertama terasa berat. Namun, sejak itu, dia mendapatkan ritme yang berkelanjutan, merawat dengan es dan memijatnya. Ketika menjadi bengkak, dia beralih ke prostesis berjalan dengan sedikit lebih banyak ruang.

Tetapi ada tantangan mental juga di jalan menuju 102 kali lari maraton, yang dimulai pada 17 Januari. Dalam perjalanan baru-baru ini, Hunt-Broersma, yang rata-rata melakukan sedikit lebih dari lima jam per marathon, merasa hampir ambruk di 15 mil (24 kilometer), dan menangis.

Tiba-tiba seluruh pengembaraan menjadi ragu. “Saya mengalami gangguan emosional total. Saya seperti, 'Saya tidak bisa melakukan ini. Apa yang saya pikirkan?’” katanya. “Trik bagi saya adalah memecahnya menjadi gol-gol kecil. Hanya sampai ke mil berikutnya. Dan kemudian yang berikutnya. ”

Tim pendukungnya adalah suaminya dan dua anak mereka yang masih kecil, tetapi dia juga mendapatkan banyak pengikut di media sosial.

Pekan ini, setelah mencatat maraton No. 85, para simpatisan memberikan tepuk tangan virtual. "Sepertinya Anda baru saja makan maraton untuk sarapan," kicau satu orang. "Di masa-masa suram seperti ini, terima kasih telah menjadi inspirasi," komentar yang lain.

Saat dia mendekati akhir pencarian epiknya, Hunt-Broersma berharap dia menginspirasi pemikiran tunggal pada orang lain, terlepas dari tantangan fisik mereka sendiri: "Kamu lebih kuat dari yang kamu kira, dan kamu mampu melakukan lebih banyak lagi." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home