Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 01:41 WIB | Selasa, 02 Maret 2021

Densus 88 Tangkap 12 Terduga Teroris di Jawa Timur

Rumah salah satu terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di Jalan Tambak Asri, Gang Dahlia 2A No 27, Surabaya, hari Senin (1/3). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap 12 terduga teroris di sejumlah daerah di Jawa Timur pada pekan lalu. Polri menyampaikan mereka yang ditangkap diduga memiliki kaitan dengan teroris Upik Lawanga yang ditangkap di Lampung.

“Jelas semua ada keterkaitannya. Kalau kita mendalami lagi kelompok ini pun ada keterkaitannya dengan Upik Lawanga,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, hari Senin (1/3). Mereka ditangkap di Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo dan Malang.

Brigjen Rusdi menjelaskan seluruh anggota JI terkoneksi satu sama lain. “Semua anggota Jamaah Islamiyah tentunya mereka saling terkoneksi antara satu kelompok dengan kelompok yang lainnya,” katanya.

Tentang 12 terduga teroris yang ditangkap di Jatim itu berinisial F, TS, AS, AIH alias AP, BR, RBM, Y, F, ME, AYF, RAS, dan MI. Mereka berafiliasi dengan kelompok Al-Qaeda. Bahkan mereka juga sudah menyiapkan aksi teror.

“Ini adalah kelompok Jamaah Islamiyah. Tentunya berafiliasi kepada Al-Qaeda, dan kelompok ini dikenal dan sering disebut sebagai dengan kelompok Fahim,” katanya.

“Mereka telah melakukan beberapa aktivitas berupa latihan bela diri, dan mereka juga sudah merancang bunker yang akan digunakan untuk kegiatan pembuatan senjata maupun bom rakitan,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home