Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 09:47 WIB | Kamis, 07 April 2022

Densus 88 Tangkap Lima Teroris NII di Tangsel

Karo Penmas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap lima tersangka terorisme di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, pada hari Minggu (3/4) lalu. Teroris berasal dari kelompok Negara Islam Indonesia (NII).

"Lima tersangka teroris tersebut merupakan kelompok jaringan teroris NII," kata Karo Penmas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (6/4). Penangkapan para tersangka merupakan pengembangan dari kasus tersangka teroris NII di wilayah Sumatera Barat.

"Selanjutnya dilakukan penelusuran dan pendalaman tentang peran-peran dan keterlibatan para tersangka tersebut," katanya.

Sebelumnya, Densus menangkap 16 tersangka teroris di Sumatera Barat pada akhir Maret 2022. Tersangka teroris tersebut memiliki peran yang beragam, mulai dari upaya menggulingkan pemerintah hingga aktif melakukan perekrutan.

"Memiliki niat untuk menggulingkan pemerintahan yang sah apabila NKRI sedang dalam keadaan kacau atau chaos," kata Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar, ketika itu.

Aswin menyebut tersangka juga berkeinginan untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi syariat Islam. Selain itu, para tersangka juga aktif melakukan kegiatan latihan militer alias idad secara rutin lewat berbagai kegiatan.

Sebagai informasi, NII merupakan gerakan pemberontakan bersenjata. Kelompok ini dipimpin oleh Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo.

Sekarmadji ditangkap dan dieksekusi pada tahun 1962. Gerakan yang kini tak diakui itu kemudian terpecah menjadi kelompok teroris di Indonesia, yakni Jamaah Islamiyah.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home