Loading...
BUDAYA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:41 WIB | Minggu, 17 Januari 2016

Desainer Muda Unjuk Gigi di Kontes Desain Busana Jepang

Juara pertama Sakura Collection Asia Students Awards 2015 Agied Derta (keenam kanan) dengan tema J-Food , juara kedua Didi Hartawan (keenam kiri) dengan tema Warrior in Style dan yang ketiga adalah Ghaida Nasya (keempat kiri) dengan tema White Ginkgo. (Foto: Diah A.R)

SERPONG, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 10 desainer muda Indonesia menunjukkan kebolehannya dalam mendesain busana bernuansa Jepang di Sakura Collection Asia Students Awards. Pemenang pertama dari kontes ini memiliki kesempatan untuk menampilkan desain busana mereka di Sakura Collection Yokohama, Jepang pada Maret 2016.

“Dari sekitar 125 sketsa yang telah diterima, dari kurang lebih 20 sekolah fashion selama seleksi awal di Indonesia, dan terpilih 10 desain terbaik untuk fase final. 10 desainer tersebut dipilih oleh juri-juri dari Jepang secara online,” kata Taruna K. Kusmayadi, desainer sekaligus merangkap juri dalam kontes tersebut dalam keterangan persnya di AEON Mall BSD City, hari Minggu (17/1).

Misi utama acara ini, kata dia, adalah mengembangkan kreativitas siswa dan desainer muda dalam merancang busana yang bertemakan Jepang.

Noriko Tabata dari Sakura Collection menambahkan dengan diselenggarakannya acara ini akan mempererat kerja sama antara Indonesia dan Jepang dalam bidang budaya. Sebelumnya acara serupa pernah diadakan di empat negara yaitu Malaysia, Vietnam, Prancis dan Thailand.

10 desainer yang terpilih adalah Alifia Maqnuun, Agied Derta, Didi Hartawan, Ghaida Nasya, Katharrina Puspasari Posasih, Melita Mulyono, Megumi Nurul Aini, Mayumi Nurul Fitri, Sahadya Aisyah dan Widya Francisca.

Setelah terpilih secara online oleh juri dari Jepang, ke-10 desainer tersebut kemudian memamerkan hasil rancangannya di depan kelima juri dalam bentuk peragaan busana yang diselenggarakan di AEON Mall BSD City pada hari Minggu (17/1).

Kelima jurinya adalah Tadashi Ogawa dari Direktur Utama Japan Foundation Jakarta, Noriko Tabata dari Sakura Collection, Desainer Taruna K. Kusmayadi, Model Dhining Trihandayani dan Desainer Ahmad Safiyulloh.

Dalam peragaan busana tersebut, para desainer memamerkan satu hingga lima model desain sesuai dengan tema yang diusung yaitu Jepang.  

Akhirnya, juri memutuskan tiga finalis yang memenangkan kontes tersebut. Juara pertama adalah Agied Derta dengan tema J-Food, juara kedua adalah Didi Hartawan dengan tema Warrior in Style dan yang ketiga adalah Ghaida Nasya dengan tema White Ginkgo.

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home