Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:35 WIB | Minggu, 26 April 2020

Dewan Dubes Arab Di PBB Tuding Israel Caplok Tanah Palestina

Peralatan konstruksi tenag dioperasikan untuk mempersiapkan tanah sebagai pembangunan kembali proyek perumahan di pemukiman Yahudi di Ariel, Tepi Barat pada 27 September 2010. (Foto: dok. Reuters)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Dewan Duta Besar Negara-negara Arab untuk PBB bertemu pada hari Jumat (24/4) di New York melalui VTC untuk membahas situasi di Palestina yang diduduki Israel. Mereka juga membahas rencana ilegal Israel untuk mencaplok tanah Palestina sebagaimana tercermin dalam perjanjian pemerintah yang dicapai antara Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dan Ketua Knesset (parlemen Israel), Benny Gantz.

"Kelompok Arab mendengarkan briefing tentang situasi di lapangan dari perwakilan negara Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, serta upaya Palestina di tingkat internasional untuk melawan rencana Israel itu," kata dewan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Al Ahram.

Dewan Arab "menyambut ekspresi keras penolakan terhadap kebijakan ilegal Israel dan agenda aneksasi pada pertemuan terbuka Dewan Keamanan yang diadakan pada hari yang sama."

Para anggota dewan “memutuskan untuk menjangkau aktor-aktor kunci di New York, termasuk sekretaris jenderal (PBB), presiden Majelis Umum, anggota Dewan Keamanan dan keanggotaan PBB yang lebih luas untuk mempresentasikan posisi Arab untuk mendukung kebebasan rakyat Palestina."

Mereka juga menyoroti bahwa Prakarsa Perdamaian Arab, yang sejalan dengan konsensus internasional dan telah disahkan oleh Dewan Keamanan, tetap menjadi satu-satunya visi yang layak untuk perdamaian, kemakmuran, keamanan dan stabilitas di kawasan itu.

Sementara itu, presiden Palestina, Mahmoud Abas juga menyerukan pertemuan darurat para menteri luar negeri negara-negara Arab untuk memutuskan langkah-langkah kolektif dalam menghadapi ancaman aneksasi Israel.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home