Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:34 WIB | Rabu, 17 Mei 2023

Dewan Eropa Akan Tuntut Kompensasi Rusia Atas Kerusakan di Ukraina

Barisan depan dari kanan, Presiden Finlandia, Sauli Niinisto, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, Perdana Menteri Georgia, Irakli Garibashvili dan Kanselir Jerman, Olaf Scholz berdiri saat upacara pembukaan KTT Dewan Eropa di Reykjavik, Islandia, Selasa, 16 Mei 2023. Para pemimpin dari di seluruh benua berfokus pada upaya untuk meminta pertanggungjawaban Rusia atas invasinya ke Ukraina dan siap untuk menyetujui sistem selama KTT Dewan Eropa mereka yang akan secara tepat menetapkan kerusakan yang harus dibayar Moskow untuk membangun kembali negara tersebut. (Foto: AP/Hibah Alastair.pool)

REYKJAVIK-ISLANDIA, SATUHARAPAN.COM-Para pemimpin dari seluruh Eropa berfokus untuk meminta pertanggungjawaban Rusia atas invasinya ke Ukraina dan siap untuk menyetujui sistem yang secara tepat akan menetapkan kerusakan yang harus dibayar Moskow untuk membangun kembali negara dan memberi kompensasi kepada para korban.

Dewan Eropa yang beranggotakan 46 negara, organisasi hak asasi manusia terkemuka di benua itu, membuka pertemuan puncak pertamanya dalam 18 tahun pada hari Selasa malam di Islandia. Pertemuan berpusat pada dukungan penuh negara anggota Ukraina dan mengutuk invasi Rusia, yang dikeluarkan dari organisasi karena menimbulkan perang terhadap tetangganya.

"Kami akan membuat langkah nyata pertama di jalan kami untuk menemukan solusi bagaimana mengkompensasi kekejaman dan kerusakan yang dibawa Rusia ke Ukraina," kata Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal.

Sementara hampir semua negara Eropa telah memberikan dukungan militer atau menerima pengungsi dari Ukraina, Dewan Eropa ditempatkan secara unik untuk mengoordinasikan dukungan hukum dan yudisial.

“Ketika kita berpikir tentang rekonstruksi, merupakan elemen yudisial yang sangat penting untuk memiliki daftar kerugian ini guna memberikan keadilan kepada para korban,” kata Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen.

Dan setelah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menimbun janji-janji perangkat keras militer sepanjang akhir pekan yang panjang dari kepincangan diplomatik di Italia, Jerman, Prancis, dan Inggris, lusinan pemimpin utama Eropa tiba di Islandia yang jauh untuk memutar sekrup hukum di Kremlin.

“Tidak akan ada perdamaian yang dapat diandalkan tanpa keadilan,” kata Zelenskyy kepada para pemimpin melalui video dari Kiev. Presiden Prancis, Emmanuel Macron, berjanji kepada semua pemimpin di sana “akan terus memberikan dukungan tanpa lelah kami ke Ukraina.”

Pada kesimpulan hari Rabu (17/5), para pemimpin di KTT ingin memiliki garis besar sistem sehingga Moskow dapat dimintai pertanggungjawaban atas kompensasi kepada para korban nanti dan memungkinkan negara yang terpukul untuk memulai proses pemulihan ekonomi. Mereka berharap Amerika Serikat yang berstatus pengamat di KTT itu juga mendukung inisiatif itu.

“Daftar hanyalah salah satu dari sejumlah prakarsa internasional yang dibuat untuk memastikan pertanggungjawaban atas kejahatan yang dilakukan di Ukraina,” kata Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak. Dewan Eropa juga ingin memastikan Rusia dapat dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dilihatnya sebagai sejumlah besar kejahatan yang dilakukan selama invasi.

Macron mengatakan bank pembangunan dewan harus memobilisasi dana untuk membangun pusat kesehatan mental di Ukraina karena "di antara penduduk ada begitu banyak trauma" dari hampir 15 bulan perang. “Kita harus memusatkan perhatian pada hal ini dalam kerangka rekonstruksi.”

Respons Rusia: Serangan Makin Gencar ke Ukraina

Di Kiev, kata-kata dukungan tidak segera meredakan kekuatan militer Moskow, karena Rusia melancarkan serangan udara yang intens ke ibu kota menggunakan kombinasi drone, rudal jelajah, dan rudal balistik.

Zelenskyy mengatakan kepada para pemimpin Eropa yang berkumpul di aula konser Harpa di Reykjavik bahwa “semua nyawa dilindungi. Semua misil ditembak jatuh.” Mengalihkan perhatiannya ke KTT, dia menambahkan, “Ini adalah hasil sejarah. Terima kasih semua."

Alih-alih tank dan amunisi, Dewan Eropa yang berbasis di Strasbourg berupaya memberikan dukungan hukum dan kemanusiaan. Itu telah menjadi penjaga, dengan keberhasilan yang berfluktuasi, hak asasi manusia, demokrasi, dan supremasi hukum di benua itu sejak didirikan pada tahun 1949. Jarang kebutuhannya lebih tinggi daripada di dunia saat ini.

KTT juga berfokus pada nasib anak-anak yang dipindahkan dari Ukraina ke Rusia selama invasi. Pada bulan Maret, Pengadilan Kriminal Internasional mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin, atas kejahatan perang, menuduhnya bertanggung jawab secara pribadi atas penculikan anak-anak dari Ukraina. Pejabat lain juga telah didakwa.

Sejak awal perang, Rusia telah dituduh mendeportasi anak-anak Ukraina ke Rusia atau wilayah yang dikuasai Rusia untuk membesarkan mereka sebagai milik mereka. Ribuan anak telah disita dari sekolah dan panti asuhan selama pendudukan Rusia di Ukraina timur dan tidak diketahui di mana mereka sekarang.

“Pemindahan paksa anak-anak adalah kejahatan perang dan, secara keseluruhan, dapat dianggap sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata Macron. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home