Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 11:08 WIB | Jumat, 11 Juli 2014

Dewan Gereja Dunia Mengecam Kekerasan di Gaza

Petugas pemadam kebakaran di Gaza, Palestina sedang berusaha menjinakkan api akibat serang Israel. (Foto: AFP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Serangan militer Israel terhadap penduduk sipil di Gaza dan penembakan roket oleh militan dari Gaza ke Israel, sangat dikecam Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC).

Dalam pernyataan Sekretaris Umumnya, Pdt Dr Olav Fykse Tveit yang dikeluarkan pada 10 Juli dari markas WCC di Jenewa, Swiss, Tveit berkata, “Kami sangat mengecam serangan membabi buta oleh militer Israel terhadap penduduk sipil di Gaza. Kami juga benar-benar mengecam penembakan tidak masuk akal dan serangan tidak bermoral oleh roket  dari militan Gaza ke penduduk daerah di Israel”.

Tveit juga mencatat bahwa “yang terjadi di Gaza sekarang bukan sekadar tragedi terisolasi.”

Kegagalan perundingan damai dan hilangnya prospek untuk solusi dua-negara untuk mengakhiri pendudukan telah menyebabkan ini “siklus tak tertahankan dan neraka kekerasan dan kebencian yang kita saksikan hari ini,” kata Tveit.

“Tanpa mengakhiri pendudukan, siklus kekerasan akan terus berlanjut,” katanya.

Pernyataan itu datang pada saat laporan media telah mengonfirmasi lebih dari 500 korban dalam konflik Gaza pada pekan lalu.

Dalam pernyataan itu, Tveit mengatakan bahwa peristiwa baru-baru ini di Israel dan Palestina harus dilihat dalam konteks pendudukan wilayah Palestina, yang dimulai pada 1967. Dia menambahkan bahwa menyerukan diakhirinya pendudukan dan blokade yang diberlakukan di Jalur Gaza oleh Israel tetap komitmen jangka panjang dari WCC.

“Baik Israel dan Palestina membutuhkan kesejahteraan mereka, keamanan dan perdamaian yang adil dan tulus,” katanya.

Tveit mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menuntut segera diakhiri segala bentuk kekerasan dari semua pihak yang terlibat konflik.

Dia menyerukan kepada gereja-gereja dan pemuka agama untuk “bekerja sama untuk mengubah wacana kebencian dan balas dendam yang menyebar lebih dan lebih dalam banyak kalangan di masyarakat menjadi salah satu yang melihat yang lain sebagai tetangga dan kakak dan adik yang setara dalam satu Tuhan. “

Komite Sentral WCC, juga menyatakan “kesedihan dan keprihatinan mendalam” minggu ini atas aksi kekerasan itu, setelah kematian tragis dari orang-orang muda di Israel dan Palestina. (oikoumene.org)

WCC mendukung kemerdekaan Palestina melalui perundingan damai. Artikel-artikel terkait dapat Anda baca di:

Dewan Gereja Dunia Bersolidaritas untuk Tahanan Palestina
Sekum Dewan Gereja Dunia Prihatin UU Baru Israel
Pemerataan Suplai Air, Isu Utama di Tepi Barat dan Gaza
Pekan Perdamaian Dunia untuk Palestina Israel: Akhiri Teologi Zionisme Kristen!


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home