Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:24 WIB | Selasa, 03 Januari 2017

Di Jakarta, 68.617 Pemohon SIM Gagal Saat Uji Teori

Ilustrasi: Soal ujian teori pembuatan surat izin mengemudi (SIM), melalui program Audio Visual Integrated System (AVIS), peserta tes teori ujian SIM akan mengerjakan soal secara digital. (Foto: ujiansim-online.blogspot.co.id.)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemohon surat izin mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi Satpas SIM Daan Mogot meningkat mencapai 1.057.781 orang pada tahun 2016. Sebanyak 989.164 orang dinyatakan lulus uji dan berhak memiliki SIM, dan sisanya 68.617 tidak lulus.

Kasie SIM Satpas SIM Daan Mogot Kompol Doni Hermawan saat dikonfirmasi, mengatakan 68.617 pemohon SIM di Jakarta tidak lulus dikarenakan gagal pada tahap ujian teori.

“Hampir sebagian besar yang tidak lulus ini karena tidak mempersiapkan diri dengan cara belajar atau mencari referensi sebelumnya,” katanya, seperti dilansir situs ntmcpolri.info.

“Namun, hal itu tidak menjadi kendala, selama pemohon SIM memiliki pengetahuan tentang pasal Undang-Undang RI No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (pengetahuan rambu-rambu dan etika berkendara),” katanya.

Rata-rata, kata Doni, pemohon yang tidak lulus ini berharap datang ke Satpas SIM dan langsung mendapatkan SIM. Hal itu pula yang menjadi salah satu faktor masih adanya pemohon yang memilih mengurus SIM lewat calo.

“Pola pikirnya harus diubah. Mau memiliki SIM, ya harus ujian. Mau lulus ujian, kuncinya belajar. Untuk calo sekarang sudah kita perketat pengawasan, tidak ada calo karena pemohon harus datang sendiri dan mengikuti ujian,” katanya.

Lebih jauh, Doni mengatakan, pihaknya terbuka demgan hasil ujian, baik ujian teori maupun praktik.

“Peserta uji SIM dapat menanyakan kesalahannya, apa saja, pada saat mengerjakan soal. Demikian juga dengan ujian praktik. Pada hari libur atau Minggu, kami mempersilakan masyarakat untuk dapat latihan atau mencoba lapangan ujian praktik,” katanya.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home