Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:36 WIB | Kamis, 08 Juni 2023

Di Mahkamah Internasional, Pengacara Ukraina Sebut Rusia Danai Teror

Delegasi Ukraina, kiri, dengan duta besar kementerian luar negeri Anton Korynevych, kiri tengah, dan delegasi Rusia, kanan, dengan Gennnady Kuzmin, duta besar kementerian luar negeri, kanan tengah, menunggu hakim untuk memasuki Pengadilan Internasional di Den Haag, Belanda, hari Selasa, 6 Juni 2023. Empat hari sidang dibuka dalam kasus yang diajukan oleh Ukraina terhadap Rusia di pengadilan tinggi PBB yang menuduh bahwa Rusia melanggar perjanjian tentang pendanaan teroris dan diskriminasi rasial di timur Ukraina dan Krimea. (Foto: AP/Peter Dejong)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM-Pengacara untuk Ukraina mengatakan kepada pengadilan tinggi Perserikatan Bangsa-bangsa pada hari Selasa bahwa Rusia mendanai "kampanye intimidasi dan teror" oleh para pemberontak di Ukraina timur mulai tahun 2014 dan berusaha untuk menggantikan komunitas multietnis Krimea dengan "nasionalisme Rusia yang diskriminatif" setelah pendudukan dan aneksasi wilayah tersebut.

Klaim tersebut diajukan pada sidang di Mahkamah Internasional dalam kasus yang diajukan oleh Kiev melawan Rusia terkait dengan pencaplokan Semenanjung Krimea oleh Moskow tahun 2014 dan mempersenjatai pemberontak di Ukraina timur pada tahun-tahun sebelum invasi skala penuh Rusia pada Februari 2022.

Ukraina ingin pengadilan dunia memerintahkan Moskow untuk membayar ganti rugi atas serangan dan kejahatan di wilayah tersebut, termasuk atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 yang ditembak jatuh oleh pemberontak yang didukung Rusia pada 17 Juli 2014, yang menewaskan 298 penumpang dan awak.

Sidang selama empat hari di Balai Besar Kehakiman berpanel kayu yang berornamen dibuka dengan latar belakang konflik paling mematikan di Eropa sejak Perang Dunia II. Ukraina dan Rusia saling menuduh atas kerusakan bendungan Kakhovka dan pembangkit listrik tenaga air, yang terletak di bagian Ukraina yang dikendalikan Moskow.

Pengacara Kiev mengajukan argumen hukum untuk mendukung kasus mereka pada hari Selasa. Pengacara Rusia akan berbicara kepada hakim hari Kamis (8/6). Setiap pihak memiliki kesempatan lain pekan depan untuk menyajikan bukti. Hakim diperkirakan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengeluarkan putusan.

“Ketika bisa menginstruksikan pejabatnya untuk tidak mendanai kelompok yang melakukan kekerasan terhadap warga sipil, Rusia tidak melakukan apa-apa,” kata Harold Koh, seorang pengacara Ukraina, mengatakan kepada hakim. “Sebaliknya, ketika lebih banyak senjata mematikan tiba di Ukraina dan lebih banyak warga sipil Ukraina menderita kekejaman, pejabat Rusia meningkatkan pasokan uang dan pengiriman senjata secara ilegal.”

Koh mengatakan bahwa pada Juli 2014, sistem anti pesawat Buk dikirim ke Ukraina “setelah itu Malaysia Airlines Penerbangan MH17 dihancurkan.”

Pengacara lain di tim Ukraina, David Zionts, mengatakan bahwa pasukan pro Rusia di Ukraina timur “menyerang warga sipil sebagai bagian dari kampanye intimidasi dan teror. Uang dan senjata Rusia memicu kampanye ini.”

Tim hukum Ukraina mengatakan Rusia tidak melakukan apa pun untuk mencegah atau membantu Ukraina menyelidiki aliran keuangan tersebut.

Mengganti Multietnis Menjadi Nasionalisme Rusia Yang Diskriminatif

Beralih ke dugaan pelanggaran konvensi di Krimea untuk memerangi diskriminasi rasial, Koh mengatakan bahwa, setelah pendudukan ilegal dan aneksasi semenanjung, Rusia “berusaha untuk menggantikan komunitas multietnis yang telah menjadi ciri Krimea sebelum intervensi Rusia dengan nasionalisme Rusia yang diskriminatif.”

Dia mengatakan kepada hakim bahwa kebijakan Rusia merupakan "proyek jangka panjang untuk menghapus hak dan budaya yang membuat Ukraina bangga, negara multi-etnis, untuk menghapus apa yang membuat orang Ukraina menjadi Ukraina dan apa yang membuat Tatar Krimea."

Kasus ini adalah salah satu dari beberapa proses hukum terhadap Rusia yang terkait dengan Ukraina.

Dalam kasus terpisah yang dibawa oleh Ukraina segera setelah invasi ilegal Rusia, pengadilan dunia mengeluarkan perintah awal yang meminta Rusia untuk menghentikan permusuhan, putusan yang mengikat secara hukum yang diabaikan Moskow.

Dalam kasus itu, Kiev berpendapat bahwa Rusia melanggar Konvensi Genosida 1948 dengan menuduh Ukraina melakukan genosida dan menggunakannya sebagai dalih untuk invasi 24 Februari 2022. Moskow berpendapat bahwa pengadilan tidak memiliki yurisdiksi.

Tidak jauh dari Pengadilan Kriminal Internasional, para hakim telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin, atas tuduhan mendeportasi dan memindahkan anak-anak secara ilegal dari Ukraina. Rusia bukan anggota pengadilan dan tidak mengakui yurisdiksinya.

Pengadilan domestik Belanda tahun lalu menghukum dua orang Rusia dan seorang Ukraina pro Moskow atas peran mereka dalam menjatuhkan MH17 dan menghukum mereka dengan hukuman penjara seumur hidup. Ukraina juga memiliki kasus lain melawan Rusia di Mahkamah Internasional atas invasinya, dan Belanda serta Ukraina menggugat Moskow di Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa atas jatuhnya pesawat MH17.

Rusia selalu membantah terlibat dalam jatuhnya jet penumpang yang terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur ketika ditembak jatuh oleh rudal era Uni Soviet di Ukraina timur.

“Federasi Rusia menghina hukum internasional,” kata seorang diplomat senior Ukraina, Anton Korynevych. “Selama 16 bulan terakhir, dunia telah terbangun dengan kenyataan kelam ini.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home