Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:53 WIB | Minggu, 20 November 2022

Di mana Putin? Pemimpin Tak Muncul Meninggalkan Berita Buruk

Di mana Putin? Pemimpin Tak Muncul Meninggalkan Berita Buruk
Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyampaikan pidatonya pada upacara peringatan 75 tahun Badan Biologi Medis Federal Rusia di Moskow, Rusia, Rabu, 9 November 2022. Saat Rusia menghadapi kemunduran serius di Ukraina, Putin tampaknya telah mendelegasikan menyampaikan berita yang tidak populer kepada orang lain, taktik yang telah dia gunakan selama pandemi virus corona. (Foto: dok. Sergei Guneyev, Sputnik, Kremlin/ pool via AP)
Di mana Putin? Pemimpin Tak Muncul Meninggalkan Berita Buruk
Foto yang diambil dari video yang dirilis oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia pada Rabu, 9 November 2022, Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, berbicara selama pertemuannya dengan komandan militer Rusia di Ukraina, Jenderal Sergei Surovikin. Militer Rusia telah mengumumkan bahwa mereka menarik diri dari kota selatan Ukraina Kherson dan daerah sekitarnya. Shoigu setuju dengan usulannya untuk mundur dan mendirikan pertahanan di tepi timur. Presiden Vladimir Putin tidak hadir ketika pejabat tinggi militernya mengumumkan di televisi bahwa Rusia menarik diri dari Kherson, sebuah kota penting di Ukraina. (Foto: Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia via AP)

TALLINN, ESTONIA, SATUHARAPAN.COM-Ketika petinggi militer Rusia mengumumkan melalui penampilan di televisi bahwa mereka menarik pasukan dari kota utama Kherson di Ukraina selatan, satu orang yang hilang dari ruangan itu adalah Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Saat Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, dan Jenderal Sergei Surovikin, komandan utama Rusia di Ukraina, dengan sikap kaku menyebutkan alasan mundur di depan kamera pada 9 November, Putin sedang mengunjungi rumah sakit saraf di Moskow, menyaksikan seorang dokter melakukan operasi otak.

Belakangan pada hari itu, Putin berbicara di acara lain tetapi tidak menyebutkan penarikan dari Kherson, bisa dibilang penarikan pasukan Rusia yang paling memalukan di Ukraina. Pada hari-hari berikutnya, dia belum mengomentari topik tersebut secara terbuka.

Keheningan Putin muncul saat Rusia menghadapi kemunduran yang meningkat dalam hampir sembilan bulan pertempuran. Pemimpin Rusia itu tampaknya telah mendelegasikan penyampaian kabar buruk kepada orang lain, sebuah taktik yang juga dia gunakan selama pandemi virus corona.

Kontras dengan Upacara Pencaplokan Yang Megah

Kherson adalah satu-satunya ibu kota regional yang direbut pasukan Moskow di Ukraina, jatuh ke tangan Rusia pada hari-hari pertama invasi. Rusia menduduki kota itu dan sebagian besar wilayah terluar, pintu gerbang utama ke Semenanjung Krimea, selama berbulan-bulan.

Moskow secara ilegal mencaplok wilayah Kherson, bersama dengan tiga provinsi Ukraina lainnya, awal tahun ini. Putin secara pribadi menjadi tuan rumah upacara Kremlin yang dipenuhi kemegahan yang meresmikan langkah tersebut pada bulan September, menyatakan bahwa “orang-orang yang tinggal di Luhansk dan Donetsk, Kherson dan Zaporizhzhia menjadi warga negara kita selamanya.”

Lebih dari sebulan kemudian, bagaimanapun, bendera tiga warna Rusia diturunkan di atas gedung-gedung pemerintah di Kherson, diganti dengan bendera kuning-biru Ukraina.

Militer Rusia melaporkan telah menyelesaikan penarikan dari Kherson dan daerah sekitarnya ke tepi timur Sungai Dnieper pada 11 November. Sejak itu, Putin tidak menyebutkan penarikan tersebut dalam penampilan publiknya.

Putin "terus hidup dalam logika lama: Ini bukan perang, ini adalah operasi khusus, keputusan utama dibuat oleh sekelompok kecil 'profesional', sementara presiden menjaga jarak," tulis analis politik Tatyana Stanovaya dalam sebuah komentar baru-baru ini.

Apa Saja Kecuali Perang

Putin, yang pernah dikabarkan secara pribadi mengawasi serangan militer di Ukraina dan memberikan perintah medan perang kepada para jenderal, muncul pekan ini untuk fokus pada segala hal kecuali perang.

Dia membahas prosedur kebangkrutan dan masalah industri mobil dengan pejabat pemerintah, berbicara dengan gubernur Siberia tentang meningkatkan investasi di wilayahnya, melakukan pembicaraan telepon dengan berbagai pemimpin dunia, dan bertemu dengan presiden baru Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.

Pada hari Selasa, Putin memimpin pertemuan video tentang peringatan Perang Dunia II. Itu adalah hari ketika dia diharapkan untuk berbicara di KTT Kelompok 20 (G20) di Indonesia, tetapi dia tidak hanya memutuskan untuk tidak hadir, dia bahkan tidak bergabung melalui konferensi video atau mengirim rekaman pidato.

Pertemuan peringatan Perang Dunia II adalah satu-satunya dalam beberapa hari terakhir di mana beberapa kota Ukraina, tetapi tidak untuk Kherson, disebutkan. Setelah pertemuan tersebut, Putin menandatangani dekrit yang menganugerahkan kota Melitopol dan Mariupol yang diduduki sebagai Kota Kemuliaan Militer, sementara Luhansk dihormati sebagai Kota Jasa Buruh.

Politik Rusia Makin Mirip Uni Sovyet

Analis politik independen Dmitry Oreshkin mengaitkan sikap diam Putin dengan fakta bahwa dia telah membangun sistem politik yang mirip dengan Uni Soviet, di mana seorang pemimpin atau “vozhd” dalam bahasa Rusia, istilah yang digunakan untuk menggambarkan Josef Stalin, menurut definisi tidak resmi, membuat kesalahan.

“Sistem Putin dan Putin … dibangun sedemikian rupa sehingga semua kekalahan disalahkan pada orang lain: musuh, pengkhianat, tusukan dari belakang, Russophobia global, apa pun, sungguh,” kata Oreshkin. "Jadi jika dia kalah di suatu tempat, pertama, itu tidak benar, dan kedua, itu bukan dia."

Beberapa pendukung Putin mempertanyakan jarak yang begitu jelas dari apa yang bahkan dipandang oleh kalangan pro Kremlin sebagai perkembangan kritis dalam perang.

Bagi Putin untuk melakukan pembicaraan telepon dengan para pemimpin Armenia dan Republik Afrika Tengah pada saat mundur dari Kherson lebih menggelisahkan daripada "tragedi Kherson," kata analis politik pro Kremlin, Sergei Markov, dalam sebuah posting di Facebook.

“Awalnya, saya bahkan tidak percaya dengan berita itu, sungguh luar biasa,” kata Markov, menggambarkan perilaku Putin sebagai “demonstrasi penarikan total.”

Alasan Menyelamatkan Orang

Yang lain berusaha untuk memberikan putaran positif pada peranrikan mundur dan memasukkan Putin ke dalamnya. Pembawa acara TV Pro Kremlin, Dmitry Kiselev, dalam acara berita andalannya hari Minggu malam, mengatakan logika di balik penarikan diri dari Kherson adalah “untuk menyelamatkan orang.”

Menurut Kiselev, yang berbicara di depan foto besar Putin yang tampak sibuk dengan tulisan yang mengatakan, “Untuk Menyelamatkan Orang,” itu adalah logika yang sama yang digunakan presiden “untuk menyelamatkan orang, dalam keadaan tertentu, setiap orang.”

Begitulah cara beberapa orang Rusia biasa melihat kemunduran, kata para analis.

“Mengingat semakin banyak orang yang menginginkan pembicaraan damai, bahkan di antara para pendukung Putin, manuver semacam itu diambil dengan tenang atau bahkan sebagai tanda kemungkinan untuk menenangkan diri, menyelamatkan pasukan, kemungkinan perdamaian,” kata Andrei Kolesnikov, seorang senior sesama di Carnegie Endowment.

Pendukung Suarakan Serangan Jaringan Listrik

Bagi pendukung Rusia, pendukung vokal Kremlin yang menyerukan langkah drastis di medan perang dan tidak senang dengan mundurnya Kherson, ada rentetan serangan rudal di jaringan listrik Ukraina, kata analis Oreshkin.

Moskow meluncurkan pada hari Selasa. Dengan sekitar 100 rudal dan drone ditembakkan ke sasaran di seluruh Ukraina, itu adalah serangan terbesar hingga saat ini di jaringan listrik negara dan membuat jutaan orang jatuh ke dalam kegelapan.

Oreshkin percaya bahwa serangan semacam itu tidak menimbulkan terlalu banyak kerusakan pada militer Ukraina dan tidak banyak mengubah situasi di medan perang.

“Tapi itu perlu untuk membuat gambar 'vozhd' yang menang. Jadi, perlu melakukan semacam serangan dan meneriakkannya dengan keras. Itulah yang mereka lakukan sekarang, menurut saya,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home