Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 20:07 WIB | Sabtu, 26 November 2022

Di Qatar, Isu Warna Pelangi Ikur Bersaing dalam Perebutan Piala Dunia

Pendukung Jerman yang mengenakan jersey pelangi menunggu pertandingan sepak bola grup F Piala Dunia antara Belgia dan Kanada, di Stadion Ahmad Bin Ali di Doha, Qatar, Rabu, 23 November 2022. (Foto: AP/Martin Meissner)

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Selain persaingan memperebutkan gelar juara Piala Dunia, salah satu isu yang paling diperebutkan dalam turnamen di Qatar adalah soal warna pelangi.

Pada pekan pertama turnamen, tujuh tim Eropa kalah dalam pertarungan untuk mengenakan ban lengan warna-warni "One Love" selama pertandingan Piala Dunia dan beberapa penggemar protes bahwa mereka tidak diizinkan membawa barang dengan warna pelangi, simbol hak LGBTQ, ke stadion emirat Islam konservatif itu.

Qatar, di mana seks gay adalah ilegal, menghadapi pengawasan dan kritik internasional yang intens menjelang turnamen atas masalah hak asasi manusia (HAM), termasuk pertanyaan tentang apakah pengunjung LGBTQ akan merasa aman dan disambut. Negara Teluk mengatakan semuanya diterima, termasuk penggemar LGBTQ, dan itu akan memastikan keamanan bagi semua orang, terlepas dari latar belakang, tetapi pengunjung harus menghormati budaya negara.

Piara Powar, direktur eksekutif Fare, kelompok anti diskriminasi yang melaporkan insiden di dalam dan sekitar stadion ke badan sepak bola dunia, FIFA, mengatakan dia yakin tuan rumah Qatar merasa bahwa perdebatan tentang hak LGBTQ telah diberi terlalu banyak ruang dan mereka membutuhkannya untuk menekan secara internal.

“Kami telah berbicara dengan mereka tentang bendera pelangi dan simbolisme yang dimilikinya di seluruh dunia, tidak hanya di Eropa Barat. Ada orang Amerika Latin yang mengakui itu, ada orang Asia yang mengakui bendera Pride,” kata Powar.

Tepat sebelum turnamen dimulai, FIFA menghentikan rencana tujuh tim Eropa termasuk Inggris dan Jerman untuk meminta kapten mereka bermain dengan ban lengan anti diskriminasi "One Love", dengan mengatakan mereka akan menerima kartu kuning jika mereka melakukannya. Keputusan itu memicu kemarahan beberapa negara yang terlibat.

Salah satu tim, Belgia, men-tweet foto tim hari Jumat yang memperlihatkan kapten Eden Hazard mengenakan ban lengan "One Love". Menteri luar negeri negara itu, Hadja Lahbib, mengenakannya saat menonton pertandingan pembuka Piala Dunia Belgia melawan Kanada pada hari Rabu (23/11).

Mantan Perdana Menteri Denmark, Helle Thorning-Schmidt, muncul di pertandingan Denmark melawan Tunisia mengenakan pakaian dengan lengan berwarna pelangi. Dalam postingan Instagram sehari kemudian, dia tampak bingung dengan pilihan pakaiannya.

“Saya telah merenungkan apakah tampil dengan warna pelangi benar-benar membantu kaum gay dan queer di Qatar,” tulis Thorning-Schmidt dalam postingan tersebut. Dia bertanya-tanya apakah itu bisa “memperburuk keadaan dengan mengeraskan pemerintah Qatar terhadap mereka? Saya tidak tahu jawabannya, tetapi bukankah itu menunjukkan kepada kita bahwa tidak ada yang biner, hanya baik atau hanya buruk?”

Beberapa penggemar mengatakan bahwa mereka diminta untuk melepas dan membuang topi pelangi mereka di stadion Piala Dunia awal pekan ini meskipun ada jaminan dari FIFA sebelum turnamen bahwa barang-barang seperti itu akan diizinkan di stadion.

Justin Martin, seorang warga negara Amerika Serikat yang tinggal di Qatar, mengatakan dia memegang bendera pelangi kecil di metro dalam perjalanannya ke pertandingan pembuka AS melawan Wales ketika dua orang yang mengenakan kemeja yang mengidentifikasi mereka sebagai sukarelawan memintanya untuk menyingkirkan bendera tersebut. Dia tidak mau.

"Salah satu dari mereka menjadi gelisah dan ... menyebut saya 'menjijikkan,'" kata Martin, seorang profesor jurnalisme di Doha Institute for Graduate Studies.

Namun di stadion, seorang perempuan berseragam polisi Qatar yang menggeledah tasnya menemukan bendera pelangi, melihatnya dan mengembalikannya, katanya. “Saya sebenarnya tidak dilarang membawa itu ke stadion.”

Martin mengatakan dia sebelumnya mengenakan kaus kebanggaan di Qatar ke toko bahan makanan atau berolahraga tanpa masalah.

Beberapa penggemar Wales mengatakan mereka dilarang membawa topi “ember” pelangi ke pertandingan melawan AS, mendorong federasi sepak bola Wales untuk mengangkat masalah ini dengan FIFA, yang meyakinkan mereka bahwa simbol pelangi akan diizinkan untuk pertandingan hari Jumat (25/11) melawan Iran.

Laura McAllister, mantan kapten Wales yang bertindak sebagai duta Piala Dunia, mengatakan dia dan penggemar lainnya mengenakan topi pelangi untuk pertandingan hari Jumat tanpa masalah. Dia mengatakan dia termasuk di antara mereka yang diminta melepas topi mereka sebelum pertandingan sebelumnya dengan AS.

Panitia penyelenggara Piala Dunia Qatar tidak memberikan jawaban atas pertanyaan The Associated Press tentang instruksi kepada keamanan stadion dan sukarelawan tentang simbol pelangi.

Pada bulan April, seorang pejabat Qatar menyarankan agar para penggemar yang membawa bendera pelangi dapat melepasnya untuk melindungi mereka dari kemungkinan serangan.

Masalah ini sering diperdebatkan di Qatar dan Timur Tengah yang lebih luas, di mana banyak yang percaya bahwa adil bagi pengunjung untuk menghormati hukum, adat istiadat, dan kepercayaan agama negara tersebut, sama seperti orang-orang dari wilayah tersebut diharapkan untuk menghormati aturan negara lain ketika mereka bepergian. Yang lain membantah bahwa masalah hak bersifat universal dan olah raga harus inklusif.

Menjelang turnamen, beberapa aktivis hak LGBTQ menyebut ada kekhawatiran tentang bagaimana orang LGBTQ di Qatar dapat diperlakukan setelah Piala Dunia berakhir. Beberapa dari mereka juga berpendapat bahwa perhatian internasional secara tidak proporsional terfokus pada para pengunjung dan tidak cukup pada orang-orang LGBTQ di negara tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home