Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:09 WIB | Minggu, 14 Juni 2020

Didakwa Korupsi dan Langgar HAM, Hakim Iran Ditangkap di Rumania

Gholamreza Mansouri. (Foto: Al Arabiya)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Gholamreza Mansouri, seorang hakim Iran yang dituduh melakukan korupsi di Iran dan pelanggaran hak asasi manusia oleh para aktivis, telah ditangkap di Rumania oleh Interpol, Iran dikonfirmasi pada hari Sabtu (13/6).

Mansouri belum dapat diekstradisi kembali ke Iran karena pembatasan virus corona, kata kantor berita semi-resmi, Tasnim, melaporkan penjelasan juru bicara pengadilan, Gholamhossein Esmaili.

Mansouri dilaporkan melarikan diri dari Iran setelah dituduh menerima suap 500.000 euro. Mansouri membantah dia dalam pelarian dalam sebuah video yang baru-baru ini dibagikan di media sosial.

Dia mengatakan di luar negeri untuk menerima perawatan medis, dan bahwa dia akan segera kembali ke Iran. Hakim tidak merinci ke mana ia pergi untuk berobat, tetapi sejumlah aktivis menyarankan bahwa ia mungkin berada di Jerman.

Janji Mansouri untuk kembali tidak "serius," itulah sebabnya Iran mengambil tindakan hukum untuk membuatnya ditangkap, kata Esmaili.

Mansouri dituduh terlibat dalam penangkapan dan penyiksaan terhadap puluhan jurnalis di Iran. Ini mendorong sejumlah wartawan Iran dan aktivis hak asasi manusia untuk menuntut dia ditangkapan di Eropa.

Tahun lalu, Hamid Nouri, hakim Iran lainnya, ditangkap di Swedia atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan pada akhir 1980-an di Iran, menyusul upaya aktivis hak asasi manusia Iran. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home