Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:06 WIB | Selasa, 22 Februari 2022

Diduga Terkontaminasi Bakteri, Oman Larang Warga Konsumsi Susu Bayi Produksi AS

Otoritas Prancis memeriksa produk susu bayi pada 11 Januari 2018 menyusul "disfungsi besar" dalam penarikan susu bayi setelah toko menjual produk yang berpotensi terkontaminasi meskipun diminta untuk melepasnya dari rak. (Foto ilustrasi: AFP)

MUSCAT, SATUHARAPAN.COM-Kementerian Kesehatan Oman meminta konsumen untuk berhenti menggunakan dua formula susu bubuk bayi yang diproduksi di Amerika Serikat karena kemungkinan kontaminasi bakteri.

Dua formula susu bubuk bayi adalah Similac EleCare (0-12 bulan) dan Similac EleCare Jr (1 tahun ke atas), kata kementerian itu di Twitter.

Kedua formula tersebut hanya dijual dengan resep di apotek, kata kementerian tersebut, seraya menambahkan bahwa keduanya hanya digunakan di bawah pengawasan medis.

Produk digunakan untuk membantu pencernaan protein, sindrom usus pendek dan kasus-kasus yang membutuhkan kebutuhan nutrisi berdasarkan asam amino.

“Kementerian kesehatan diberitahu oleh perusahaan manufaktur di AS bahwa (dua susu formula bayi ini) mungkin terkontaminasi bakteri. (Kami) karenanya meminta konsumen untuk berhenti menggunakan produk ini,” kata kementerian itu.

Pada 18 Februari, FDA AS menyarankan konsumen untuk tidak menggunakan susu formula bayi bubuk Similac, Alimentum, atau EleCare jika dua digit pertama kode pada wadah adalah 22 hingga 37 dan kode tersebut mengandung K8, SH, atau Z2 dan jika kedaluwarsa tanggal April 2022 atau lebih baru.

FDA menambahkan bahwa mereka telah menyelidiki empat penyakit, tiga untuk Cronobacter dan satu untuk Salmonella, terkait dengan susu formula bayi ini, mencatat bahwa keempat kasus dirawat di rumah sakit dan Cronobacter mungkin berkontribusi pada kematian dalam satu kasus. (Arab News)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home