Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:40 WIB | Rabu, 03 Februari 2021

Dilaporkan Terjadi Kudeta di Myanmar, Aung San Suu Kyi Ditahan

Aung San Suu Kyi. (Foto: dok. Reuters)

NAYPYITAW, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, dan tokoh senior lainnya dari partai yang berkuasa telah ditahan dalam penggerebekan hari Senin (1/2) dini hari, kata juru bicara Liga Nasional untuk Demokrasi, hari Senin.

Tindakan itu dilakukan setelah beberapa hari ketegangan yang meningkat antara pemerintah sipil dan militer yang kuat yang menimbulkan ketakutan akan kudeta setelah pemilihan umum yang menurut tentara curang.

Juru bicara Liga Nasional, Myo Nyunt,  mengatakan kepada Reutersmelalui telepon bahwa Suu Kyi, Presiden Win Myint dan para pemimpin lainnya telah "diambil" pada dini hari.

"Saya ingin memberitahu orang-orang kami untuk tidak menanggapi dengan gegabah dan saya ingin mereka bertindak sesuai dengan hukum," katanya, seraya menambahkan bahwa dia juga diperkirakan akan ditahan.

Saluran telepon ke Naypyitaw, ibu kota, tidak bisa dihubungi pada hari Senin dini hari.

Seorang juru bicara militer tidak menjawab panggilan telepon untuk meminta komentar.

Seorang anggota parlemen NLD, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena takut akan pembalasan, mengatakan salah satu dari mereka yang ditahan adalah Han Thar Myint, seorang anggota komite eksekutif pusat partai. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home