Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:26 WIB | Jumat, 15 Mei 2020

Diplomat Senior Eropa Minta Penyelidikan Independen Asal COVID-19

Kepala kebijkan luar negeri Uni Eropa, Josef Borrell. (Foto: dok. Reuters)

FRANKFURT, SATUHARAPAN.COM-Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa meminta China untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perang melawan pandemi virus corona, dan mengatakan harus ada penyelidikan ilmiah yang independen tentang asal-usul pandemi tersebut.

Dalam kolom tamu di koran Jerman, Frankfurter Allgemeine Zeitung, edisi hari Jumat (16/5), Josep Borrell, yang juga kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, mengatakan China harus bertindak untuk membantu melindungi dunia dari pandemi di masa depan.

"Investigasi ilmiah independen tentang asal-usul pandemi ini juga diperlukan," tulisnya.

Virus itu muncul di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada bulan Desember. Beberapa negara, termasuk Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa telah mengkritik penanganan wabah oleh China, meskipun China mengatakan pendekatannya terbuka dan transparan.

Borrell juga mengatakan China harus mengambil tanggung jawabnya "sepadan dengan bobotnya" dalam menangani pandemi, penelitian vaksin dan meningkatkan ekonomi global. Juga termasuk memainkan perannya dalam upaya bantuan utang besar untuk negara-negara berkembang yang paling terpukul.(Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home