Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:14 WIB | Senin, 27 Februari 2023

Direktur CIA: Putin Terlalu Percaya Diri Militernya Dapat Menundukkan Ukraina

Militer Ukraina menembak dari beberapa peluncur roket ke posisi Rusia di daerah Kharkiv, Ukraina, Sabtu, 25 Februari 2023. Pemerintahan Biden menyatakan solidaritas Ukraina dengan tindakan baru serta kata-kata keras pada hari Jumat, menambah sanksi baru terhadap Moskow dan menyetujui paket senjata baru senilai US$2 miliar untuk mempersenjatai kembali Kiev setahun setelah invasi Rusia. (Foto: AP/Vadim Ghirda)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM - Saat perang di Ukraina memasuki tahun keduanya, Direktur CIA, William Burns, mengatakan pada hari Minggu (26/2) bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, "terlalu percaya diri" dengan kemampuan militernya untuk membuat Ukraina tunduk.

Burns, dalam sebuah wawancara televisi, mengatakan kepala dinas intelijen Rusia telah menunjukkan dalam pertemuan mereka bulan November "keangkuhan dan sombong" yang mencerminkan keyakinan Putin sendiri "bahwa dia dapat membuat waktu bekerja untuknya, bahwa dia percaya dia dapat menjatuhkan orang-orang Ukraina, yang dapat melemahkan sekutu Eropa kita, bahwa kelelahan politik pada akhirnya akan terjadi.”

Percakapan itu, di mana Burns memperingatkan konsekuensi jika Rusia menyebarkan senjata nuklir di Ukraina, "cukup mengecewakan," kata Burns.

Burns mengatakan dia menilai Putin sebagai "cukup bertekad" untuk terus menuntut perang, meskipun ada korban jiwa, kekurangan taktis, dan kerusakan ekonomi dan reputasi Rusia.

"Saya pikir Putin, saat ini, sepenuhnya terlalu percaya diri dengan kemampuannya... untuk melemahkan Ukraina," kata Burns dalam acara "Face the Nation" CBS dalam sebuah wawancara yang disiarkan hari Minggu.

Burns mengatakan bahwa "pada titik tertentu, dia harus menghadapi kenaikan biaya juga, dalam peti mati saat pulang ke beberapa bagian termiskin di Rusia," di mana dia mengatakan banyak wajib militer "dilempar sebagai umpan meriam."

Burns juga mengatakan Putin meremehkan tekad Amerika Serikat untuk mendukung Ukraina, mengatakan bahwa menurut pengalamannya, pandangan pemimpin Rusia adalah bahwa orang Amerika memiliki "gangguan defisit perhatian dan kami akan beralih ke beberapa masalah lain pada akhirnya."

Komentar itu muncul pada saat kritis perang karena pemerintahan Biden "yakin bahwa kepemimpinan China sedang mempertimbangkan" apakah akan memberikan peralatan militer "mematikan" ke Rusia.

"Itu akan menjadi taruhan yang sangat berisiko dan tidak bijaksana," kata Burns, seraya menambahkan bahwa langkah seperti itu hanya akan semakin memperkeruh hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia itu. “Itulah mengapa saya sangat berharap mereka tidak melakukannya.”

Burns mengatakan pemimpin China, Xi Jinping, telah mengamati dengan cermat bagaimana perang telah berkembang, dan "Saya pikir, dalam banyak hal, dia gelisah dan sadar dengan apa yang dilihatnya."

Direktur CIA itu berbicara tentang "di mana keangkuhan Putin sekarang telah mencapai Rusia," dan mengatakan bahwa dalam sistem otoriter, ketika "tidak ada yang menantang" seorang pemimpin, "Anda dapat membuat kesalahan besar."

Bantuan Jet Tempur

Sementara itu, pertanyaan tentang bantuan militer dan kecepatan perang juga menjadi sumber ketidakpastian di AS karena anggota parlemen dari Partai Republik mengkritik pemerintah karena tidak mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, mengatakan AS memberi Ukraina bantuan militer yang diperlukan untuk merebut kembali wilayah yang direbut Rusia. Dukungan politik dalam negeri untuk Ukraina juga diperumit oleh beberapa anggota Kongres yang mengatakan pemerintah harus mundur dan lebih fokus pada kebutuhan di dalam negeri.

Anggota Kongres Michael McCaul, ketua Komite Hubungan Luar Negeri, mengatakan pesawat dan artileri jarak jauh dapat membantu mengakhiri perang dalam waktu yang lebih cepat. “Semua ini memakan waktu terlalu lama,” kata McCaul. “Dan itu tidak harus terjadi seperti ini,” kata McCaul, seorang Repubikan dari Texas.

Ukraina mendapat dukungan bulan lalu dari negara-negara Baltik dan Polandia dalam usahanya untuk mendapatkan jet tempur Barat, tetapi belum ada tanda-tanda bahwa negara-negara seperti AS dan Inggris akan mengubah pendirian mereka untuk menolak memberikan pesawat tempur ke Kiev.

Biden mengatakan dalam wawancara ABC News pada hari Jumat (24/2) bahwa dia "mengesampingkannya untuk saat ini," dengan mengatakan bahwa itu bukanlah persenjataan yang dibutuhkan Ukraina dalam waktu dekat.

Tapi Senator Dan Sullivan, Republikan dari Alaska, mengatakan Gedung Putih lambat dalam memberikan apa yang dicari Ukraina, termasuk jet tempur. “Itu sudah menjadi pola pemerintahan ini sejak awal, di mana mereka memiliki sistem senjata militer kritis yang berjalan lambat,” katanya.

Jake Sullivan mengatakan AS sudah menyediakan suku cadang untuk menjaga armada jet era Soviet Ukraina tetap terbang, tetapi memasok F-16 “benar-benar pertanyaan untuk hari lain, untuk fase lain” perang.

Jake Sullivan muncul di "Meet the Press" NBC, "State of the Union" CNN, dan "This Week" ABC. McCaul ada di ABC dan Dan Sullivan ada di NBC. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home