Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 22:23 WIB | Sabtu, 29 Oktober 2022

Ditemukan Kasus COVID-19, Satu Distrik di Wuhan Berlakukan Penguncian

Seorang penjaga keamanan berdiri di luar Pasar Grosir Makanan Laut Huanan tempat virus corona terdeteksi di Wuhan pada 24 Januari 2020. (Foto: dok.AFP)

WUHAN, SATUHARAPAN.COM-Kota Wuhan di China menghadapi penguncian pada salah satu distrik pusatnya setelah kasus COVID-19 ditemukan, karena China bertahan dengan pendekatan tanpa toleransi terhadap virus hampir tiga tahun sejak patogen pertama kali muncul di kota itu.

Sekitar 900.000 penduduk distrik Hanyang diperintahkan untuk tinggal di rumah mereka mulai hari Rabu lalu, seorang juru bicara dari CDC daerah itu mengatakan kepada Bloomberg News melalui telepon.

Pejabat lain di biro kesehatan Hanyang mengatakan penguncian akan berlangsung hingga hari Minggu, dan semua bisnis yang tidak penting telah diberitahu untuk tutup. Supermarket dan apotek akan tetap beroperasi.

Foto-foto yang diposting di media sosial China tampaknya menunjukkan penghalang yang didirikan di distrik tersebut, seolah-olah untuk mencegah orang pergi saat pembatasan pergerakan diberlakukan.

Wuhan mencatat 18 kasus COVID-19 di masyarakat pada Selasa (25/10). Sementara penghitungan sangat kecil di bagian lain dunia, yang telah beralih ke hidup dengan virus, itu adalah jumlah yang signifikan di China, di mana pihak berwenang terus mencoba dan menghapus wabah.

Kebijakan COVID-Zero, yang bermula pada masa-masa awal pandemi di Wuhan, menggunakan penguncian, pengujian massal, dan pembatasan perjalanan untuk menahan penyebaran virus. Pendekatan ini mengarah pada gangguan sosial dan ekonomi yang meluas di China.

Setelah menghilangkan virus pada April 2020, Wuhan melihat periode panjang tanpa kasus di mana kehidupan di kota yang menghadapi penguncian COVID-19 pertama di dunia kembali normal. Mantra itu berakhir pada Juli tahun ini, ketika para pejabat mengunci distrik Jiangxia, sebuah daerah yang menampung berpenduduk hampir satu juta orang di pinggiran Wuhan. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home