Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:10 WIB | Jumat, 07 Januari 2022

Ditemukan Varian Baru COVID-19 di Prancis

Virus COVID-19. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Para peneliti di Prancis telah mendeteksi varian baru COVID-19 yang dijuluki varian "IHU" setelah laboratorium menemukannya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Medrxiv pada 29 Desember menggambarkan bagaimana varian baru ini mampu melakukan 46 mutasi berbeda.

Ditulis oleh para ilmuwan dari IHU Mediterranee Infection, penelitian ini menjelaskan bagaimana varian baru kemungkinan tertular selama pasien yang terinfeksi tinggal di Kamerun. Namun penelitian itu masih dalam tahap awal dan makalah ini belum ditinjau oleh rekan sejawat.

Studi ini menampilkan “ketidakpastian munculnya varian baru SARS-CoV-2 dan pengenalannya dari luar negeri, dan (mencontohkan) kesulitan untuk mengendalikan varian tersebut dan penyebaran selanjutnya.”

Varian COVID-19 baru menjadi perhatian nyata karena mereka dapat menginfeksi orang yang divaksinasi, menurut penelitian.

“Varian telah menjadi perhatian virologi, epidemiologi, dan klinis utama, terutama yang berkaitan dengan risiko lolos dari kekebalan yang diinduksi vaksin,” kata penelitian tersebut.

Varian IHU diidentifikasi pada 12 orang di Pegunungan Alpen selatan dalam waktu yang sama ketika varian Omicron ditemukan di Afrika Selatan akhir tahun lalu.

Meskipun ada kekhawatiran atas virus yang bermutasi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan varian IHU tidak menjadi ancaman besar sejak pertama kali diidentifikasi pada bulan November.

Varian "telah ada di radar kami," kata Abdi Mahamud, manajer insiden WHO untuk COVID-19, mengatakan pada konferensi pers di Jenewa pada hari Selasa (4/1). “Virus itu memiliki banyak peluang untuk menyebar.” (dengan Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home