Loading...
INDONESIA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 16:47 WIB | Rabu, 09 Maret 2016

Ditjenpas: Hari Raya Nyepi, 526 Napi Dapat Remisi Khusus

Ilustrasi. Persiapan pawai ogoh-ogoh warga desa Bukian, Bali, hari Selasa (8/3) (Foto: Raka Suartana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM memberikan Remisi Khusus Hari Raya Nyepi kepada 526 narapidana pemeluk agama Hindu.

“Dari jumlah tersebut, 521 orang mendapat remisi khusus sebagian atau RK I, sedangkan yang mendapat remisi khusus langsung bebas atau RK II sebanyak lima orang,” kata Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Ditjenpas), Akbar Hadi, hari Rabu (9/3), seperti ditulis dalam siaran pers yang diterima satuharapan.com.

Wilayah Bali menyumbang penerima Remisi Khusus Nyepi terbanyak, yakni sebanyak 394 narapidana. Disusul wilayah Nusa Tenggara Barat sebanyak 24 orang, dan wilayah Sumatera Utara sebanyak 20 warga binaan.

Narapidana yang mendapatkan remisi khusus adalah mereka yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif sesuai ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku, diantaranya telah berstatus sebagai narapidana minimal enam bulan pidana penjara, tidak melakukan pelanggaran selama menjalani pidana, serta aktif mengikuti program dan kegiatan pembinaan di lapas/rutan.

Saat ini, jumlah warga binaan yang menghuni lapas dan rutan di seluruh Indonesia mencapai 180.832 orang, terdiri dari tahanan berjumlah 57.851 orang, dan narapidana berjumlah 122.981, sementara kapasitasnya hanya 118.617 orang. Dari jumlah tersebut didominasi oleh narapidana kasus narkotika, yakni sebanyak 60.808 orang.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home