Loading...
Penulis: Sabar Subekti 10:12 WIB | Sabtu, 10 April 2021

Djibouti: Ismail Omar Guelleh Lima Kali Terpilih sebagai Presiden

Djibouti: Ismail Omar Guelleh Lima Kali Terpilih sebagai Presiden
Presiden Djibouti, Ismail Omar Guelleh, ketika hadir di Pleno Paris Peace Forum, Prancis, 12 November 2019. (Foto: dok. Reuters)
Djibouti: Ismail Omar Guelleh Lima Kali Terpilih sebagai Presiden
Presiden Djibouti Ismael Omar Guelleh memberikan suaranya di ibu kota Djibouti, hari Jumat (9/4). (Foto: AP)
Djibouti: Ismail Omar Guelleh Lima Kali Terpilih sebagai Presiden
Warga Djibouti antre untuk memberikan suara mereka dalam pemilihan presiden, di kota Djibouti, Jumat (9/4). (Foto: AP/Mahad Mohamed)

DJIBOUTI, SATUHARAPAN.COM-Ismail Omar Guelleh terpilih kembali untuk masa jabatan kelima sebagai presiden Djibouti dengan lebih dari 98 persen suara, menurut AP. Hasil sementara itu juga diumumkan oleh Menteri Dalam Negeri, Moumin Ahmed Cheick, hari Jumat (9/4) malam.

"Presiden Ismail Omar Guelleh memperoleh 167.535 suara, yang merupakan 98,58 persen," katanya kepada penyiaran publik RTD, menambahkan bahwa hasil yang dikonfirmasi akan segera dirilis oleh Dewan Konstitusi.

Guelleh yang berusia 73 tahun hanya menghadapi satu penantang, kandidat independen dan pengusaha, Zakaria Ismail Farah, yang menghentikan kampanye lebih awal sambil menegaskan bahwa dia tidak dapat melakukannya dengan aman. Sebagai protes, dia muncul dengan mulut tertutup perban

Oposisi lainnya memboikot pemungutan suara. Ada banyak kehadiran polisi di sekitar tempat pemungutan suara.

Guelleh telah berkuasa sejak 1999 setelah pendahulunya, Hassan Guled Aptidon, meninggal, presiden pertama negara itu. Djibouti mendapat kemerdekaan dari Prancis pada tahun 1977.

Masa jabatan presiden yang akan datang secara luas diharapkan menjadi yang terakhir, karena konstitusi Djibouti membatasi masa jabatan kepresidenan bagi mereka yang berusia di bawah 75 tahun.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home