Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:19 WIB | Kamis, 03 November 2022

DK PBB Tolak Resolusi Rusia tentang Tuduhan Senjata Biologis Ukraina

Duta Besar Rusia untuk PBB, Vasily Nebenzya, duduk, berbicara dengan Dmitry Polyanskiy, Deputi Pertama Perwakilan Tetap Federasi Rusia, tepat sebelum Nebenzya berbicara kepada Dewan Keamanan selama sesi untuk membahas situasi dengan pengiriman biji-bijian dari Ukraina di markas besar PBB, Senin , 31 Oktober 2022. (Foto: AP/Craig Ruttle)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Dewan Keamanan PBB menolak keras upaya Rusia untuk membentuk komisi untuk menyelidiki klaim tidak berdasar bahwa Ukraina dan Amerika Serikat melakukan kegiatan "biologis militer" yang melanggar konvensi yang melarang penggunaan senjata biologis.

Rusia hanya mendapat dukungan dari China dalam pemungutan suara pada resolusinya, dengan AS, Inggris, dan Prancis memilih "tidak" dan 10 negara dewan lainnya abstain. Resolusi itu tidak disetujui karena gagal mendapatkan minimal sembilan suara "ya" yang diperlukan untuk diadopsi.

Pemungutan suara 2-3-10 mencerminkan oposisi dan skeptisisme dewan yang berkelanjutan tentang tindakan Rusia sejak invasi 24 Februari ke Ukraina. Dewan telah dilumpuhkan dalam mengambil tindakan apa pun terhadap serangan militer Rusia karena hak veto Rusia.

Rusia mengedarkan rancangan resolusi dan dokumen setebal 310 halaman kepada anggota dewan pekan lalu yang menyatakan bahwa aktivitas biologis militer sedang berlangsung di laboratorium biologi di Ukraina dengan dukungan dari Departemen Pertahanan AS.

Wakil duta besar Rusia, Dmitry Polyansky, mengatakan setelah pemungutan suara bahwa pemerintahnya “sangat kecewa” karena dewan tidak menanggapi secara positif permintaannya untuk membentuk komisi.

Resolusi yang diusulkan menyerukan 15 anggota Dewan Keamanan untuk melakukan penyelidikan atas keluhan Rusia, sebagaimana diizinkan berdasarkan Pasal VI konvensi senjata biologis, dan menyajikan laporan dengan rekomendasi kepada dewan pada 30 November.

Polyansky mengklaim "Negara-negara Barat menunjukkan dalam segala hal bahwa hukum tidak berlaku untuk mereka" dan "siap untuk menginjak-injak norma apa pun, untuk mencemooh aturan apa pun," menuduh mereka memiliki "mentalitas kolonial."

Duta Besar AS, Linda Thomas-Greenfield, membalas bahwa Amerika Serikat memilih menentang resolusi “karena didasarkan pada disinformasi, ketidakjujuran, itikad buruk, dan kurangnya rasa hormat terhadap badan ini.”

Sebelum pemungutan suara, Polyansky dari Rusia menyebut resolusi tersebut sebagai “tonggak penting” yang akan menunjukkan apakah Dewan Keamanan siap untuk bertindak sesuai dengan hukum internasional yang memberikan negara-negara pihak pada konvensi senjata biologis hak untuk mencari penyelidikan di Dewan Keamanan.

“Ini adalah tonggak sejarah penipuan dan kebohongan Rusia,” balas Thomas-Greenfield. "Dan dunia melihatnya."

Pada pertemuan pada bulan September dari 197 negara pihak pada konvensi senjata biologis, dia berkata, “Rusia gagal memberikan bukti yang kredibel untuk mendukung tuduhan palsu ini” dan sejumlah besar negara yang berbicara “menganggap bahwa masalah yang diangkat oleh Rusia adalah tidak berdasar dan telah ditangani secara meyakinkan.”

Tetapi Thomas-Greenfield mengatakan itu tidak cukup untuk Rusia dan “secara tidak tepat mengangkat klaim palsu yang sama di sini, menyalahgunakan posisinya dan menyalahgunakan kami.”

Wakil duta besar Meksiko, Juan Manuel Gomez Robledo, yang negaranya abstain, mengatakan Rusia tidak memberikan bukti untuk mengaktifkan penyelidikan. Dia mengatakan itu tidak "realistis" untuk membentuk komisi untuk melaporkan dalam 28 hari, dan komisi tidak bisa independen dan objektif jika Rusia sebagai anggota dewan dimasukkan sehingga harus dikeluarkan "karena itu adalah salah satu pihak yang terlibat dalam konflik bersenjata.”

Tuduhan awal Rusia tentang laboratorium perang biologis rahasia Amerika di Ukraina pada bulan Maret telah dibantah oleh para ilmuwan independen, para pemimpin Ukraina dan pejabat di Gedung Putih dan Pentagon. Investigasi Associated Press pada bulan Maret menemukan klaim itu berakar secara online, menyatukan teori konspirasi COVID-19, penganut QAnon dan beberapa pendukung mantan Presiden Donald Trump.

Ukraina memang memiliki jaringan laboratorium biologi yang mendapatkan pendanaan dan dukungan penelitian dari AS. Mereka dimiliki dan dioperasikan oleh Ukraina dan merupakan bagian dari inisiatif yang disebut Program Pengurangan Ancaman Biologis yang bertujuan untuk mengurangi kemungkinan wabah mematikan, baik alami maupun buatan manusia. Upaya AS berawal dari pekerjaan pada dekade 1990-an untuk membongkar program senjata pemusnah massal bekas Uni Soviet. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home