Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 16:36 WIB | Rabu, 18 November 2015

DKI akan Tangani Sampah dan Transportasi Bareng Rusia

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, menerima Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Rusia, Djauhari Otmangun, pada hari Rabu (18/11), di Balai Kota DKI Jakarta (Foto: Reza Hapiz / beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Potensi kerja sama dibidang operasional transportasi dengan pihak Rusia akan coba dijajaki Pemprov DKI. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, menerima Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Rusia, Djauhari Otmangun, pada hari Rabu (18/11), di Balai Kota DKI Jakarta.

Kerja sama yang dibahas di antaranya terkait pengadaan bus dan truk sampah. Selain itu, penjajakan kerja sama di bidang sistem parkir dan pengolahan sampah pun tidak luput dari pembahasan.

"Ya kita kan sister city dengan Moskow. Jadi ya Dubes Rusia datang kesini menawarkan kerja sama operasional di sistem transportasi," ujar Djarot.

Menurut Djarot, produk otomotif Rusia memang tidak familiar bagi masyarakat Indonesia. Sebab secara desain, kebanyakan produk Rusia bergaya kaku sehingga kurang diminati pasar Indonesia. Padahal, secara kualitas, mesin-mesin otomotif buatan Rusia tidak kalah dibanding negara lain.

Selain produk otomotif, pembahasan juga menyentuh penerapan sistem parkir di Moskow. Secara geografis, Moskow yang dikelilingi kota satelit mirip dengan Jakarta, kini dinilai sudah mampu menata sistem parkir.

Untuk membahas lebih lanjut, pihak Rusia berencana mengundang Pemprov DKI Jakarta datang ke Moskow. Dengan melihat langsung produk yang ditawarkan, pihak Rusia berharap dapat menindaklanjuti kerja sama.

"Sebetulnya ada jadwal Urban Forum di Moskow, Desember nanti dan rencananya Pak Gubernur hadir. Tapi saya dapat info Forum mau diundur Maret 2016. Makanya ini kita diundang khusus untuk melihat langsung ke sana," ucapnya.

Sementara Duta Besar RI untuk Rusia, Djauhari Otmangun mengharapkan agar kota Jakarta bisa mencontoh Moskow.

"Kami mengharapkan DKI bisa mengikuti Moskow. Di Moskow, kami memiliki metro sistem sebagai salah satu sistem terbaik di dunia. Lalu di Rusia sistem perparkiran juga bagus, saya tiga tahun di sana melihat kota ini berubah menjadi salah satu kota tercantik di Eropa dan disiplin," tandasnya. (beritajakarta.com/feb)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home