Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 06:52 WIB | Senin, 05 Mei 2014

DKI Targetkan Kelulusan UN SMP Seratus Persen

Petugas menurunkan soal Ujian Nasional (UN) SMP di Gudang Penyimpanan Dikpora DIY, Yogyakarta, Kamis (1/5). Soal tersebut akan didistribusikan ke 521 SMP, MTs sederajat Se-DIY guna keperluan UN SMP 2014 pada hari Senin (5/5). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dinas Pendidikan DKI Jakarta menargetkan kelulusan siswa seratus persen dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 5 hingga 8 Mei 2014.

“Pada UN 2013 lalu, kelulusan siswa SMP di Jakarta mencapai 99,9 persen, kita harapkan tahun ini bisa lebih baik lagi yaitu sampai seratus persen,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Lasro Marbun di Jakarta, Minggu (4/5).

Menurut dia, pada pelaksanaan UN SMP tahun lalu, tingkat kelulusan di Jakarta tersebut juga menempati peringkat tertinggi dibandingkan tingkat kelulusan provinsi lain di Indonesia.

“Macam-macam pelatihan soal, seperti try out dan penambahan materi pelajaran melalui bimbingan belajar seusai sekolah sudah kita berikan. Kami optimis seluruh siswa siap menghadapi UN besok,” ujar Lasro.

Selain dari sisi materi pelajaran, dia menuturkan pihaknya juga telah mempersiapkan mental sekaligus moral seluruh siswa yang akan mengikuti ujian, sehingga lebih percaya diri.

“Segala persiapan sudah kami berikan kepada siswa. Sehingga, pada saat ujian nanti, mereka lebih percaya diri, tidak ragu-ragu dan selalu mampu mengandalkan diri sendiri, bukan orang lain,” tutur Lasro.

Salah satu pembekalan mental dan moral yang diberikan kepada para peserta didik, dia mengungkapkan, yaitu selalu menekankan untuk tidak percaya dengan kabar mengenai beredarnya bocoran soal UN SMP.

“Kita selalu ingatkan kepada para siswa supaya tidak percaya dengan adanya bocoran-bocoran soal. Kita juga mengingatkan siswa agar tidak mencoba mencari-cari keberadaan bocoran soal tersebut,” ungkap Lasro.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan DKI, terdapat sebanyak 131.823 siswa SMP, SMP Luar Biasa, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Paket C yang mengikuti UN pada tahun ini.

Naskah soal UN SMP tiba di Jakarta pada Sabtu (3/5) kemarin atau H-2 pelaksanaan UN SMP. Kemudian, naskah soal didistribusikan ke sebanyak 22 sub rayon SMP di Jakarta pada 4 Mei 2014 atau H-1.

Kemudian, selama pelaksanaan UN SMP, yakni pada 5 hingga 8 Mei 2014, pihak sekolah akan mengambil naskah soal di sub rayon masing-masing pada pukul 05.00 WIB pagi. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home