Loading...
SAINS
Penulis: Prasasta Widiadi 20:54 WIB | Selasa, 23 September 2014

Dokter Kecil Award, Apresiasi Pemprov DKI pada Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Ermawati. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta, Dien Ermawati mengemukakan bahwa Dokter Kecil Award merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada para siswa usia Sekolah Dasar yang sadar akan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Dien mengemukakan ini saat menutup Dokter Kecil Award 2014 yang dihelat di Gedung G, Lantai Dasar, Kantor Gubernur DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Minggu (21/9).

“Dokter kecil adalah salah satu bentuk apresiasi Pemprov DKI bagi anak-anak sadar kesehatan,” kata Dien.

Dien mengemukakan para pemenang layak mendapatkan award karena kegigihan mereka mempelajari sebuah hal yang baru.

“Saya bangga dokter kecil award ini merupakan salah satu implementasi dari Trias UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) di masing-masing sekolah,” Dien menambahkan.

Trias UKS adalah tiga program pokok dalam pembinaan dan pengembangan kesehatan sekolah yang meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat.

Pendidikan Kesehatan, menurut ididkijakarta.go.id  Adalah upaya agar masyarakat berperilaku atau mengadopsikan perilaku kesehatan dengan cara persuasi, bujukan, himbauan, ajakan, memberi informasi, memberi kesadaran dan sebagainya. Upaya agara perilaku individu, kelompok dan masyarakat mempunyai pengaruh positif terhadap pemeliharaan dan peningkatan kesehatan.

Sedangkan yang termasuk kegiatan pelayanan kesehatan mencakup pemeriksaan tingkat kesehatan, metabolisme tubuh dan korelasinya bagi para siswa siswi saat melaksanakan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Yang terakhir yakni pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat meliputi kegiatan menjaga kebersihan kelas dan halaman sekolah, memperhatiakn pengaturan pencahayaan (ventilasi) ruangan, pengaturan jarak, tempat duduk, dan papan tulis, dan lain sebagainya.

Program UKS dan Dokter Kecil ini terkait oleh Undang-Undang (UU) No. 23 Tahun 1992 tentang kesehatan sekolah yang diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat siswa sehingga siswa belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal menjadi sumber daya yang lebih berkualitas.

Dokter Kecil Award 2014 tingkat DKI Jakarta diselenggarakan atas kerja sama Dinkes DKI Jakarta dan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) DKI Jakarta mulai 2008. Seleksi telah dimulai sejak April 2014 dan nantinya akan ada satu dokter cilik yang mewakili dari setiap propinsi di Indonesia guna dilombakan pada tingkat nasional.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home