Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:25 WIB | Jumat, 07 Februari 2020

Dokter Yang Pertama Ingatkan Bahaya Virus Corona Meninggal

Dr. Li Wenliang, menghadapi masalah dengan pihak berwenang karena peringatan itu, Dia meninggal oleh virus corona
Dr. Li Wenliang. (Foto: dari Weibo)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Dr. Li Wenliang, seorang dokter mata berusia 34 tahun. Dialah yang pertama kali mengeluarkan peringatan dini tentang wabah virus corona di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Peringatan yang dikeluarkannya itu yang membuat dia menghadapi masalah dengan pihak berwenang di negara komunis itu. Namun risiko terbesar yang diahadapinya adalah penyakit akibat virus itu.

Rumah Sakit Pusat Wuhan mengatakan dalam akun media sosialnya tentang Dr. Li Wenliang: "Sayangnya (dia) terinfeksi selama perang melawan epidemi pneumonia dari infeksi virus corona baru." Dr. Li meninggal. "Kami sangat menyesali dan meratapinya," tambahnya, dikutip AP.

 Li ditegur oleh polisi setempat karena "menyebarkan desas-desus" tentang penyakit pada akhir Desember, menurut laporan berita. Wabah itu, yang berpusat di kota Wuhan, kini telah menginfeksi lebih dari 28.200 orang di seluruh dunia dan menewaskan lebih dari 560 orang. Wabah telah memicu pembatasan perjalanan dan karantina di seluruh dunia dan krisis di dalam China, negara yang berpenduduk 1,4 miliar.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mentweet: “Kami sangat sedih dengan meninggalnya Dr Li Wenliang. Kita semua perlu merayakan pekerjaan yang dia lakukan ”pada virus itu.”

Dalam setengah jam sebelum mengumumkan pada hari Jumat (7/2) disebutkan bahwa Li berada dalam kondisi kritis, rumah sakit menerima hampir 500.000 komentar pada posting media sosialnya. Banyak dari mereka dari orang yang berharap Li akan berhasil. Satu orang menulis: “Kami tidak akan tidur. Kami di sini menunggu keajaiban."

Li termasuk di antara sejumlah profesional medis di Wuhan yang berusaha memperingatkan rekan-rekannya dan orang yang lain ketika pemerintah tidak melakukannya, kata laporan The New York Times awal pekan ini. Dikatakan bahwa setelah penyakit misterius telah melanda tujuh pasien di rumah sakit, Li mengatakan tentang hal itu dalam sebuah grup obrolan online 30 Desember: "Dikarantina di unit gawat darurat."

Peserta lain dalam obrolan menanggapi dengan bertanya-tanya, "Apakah SARS datang lagi?" yang dimaksud adalah Severe Acute Respiratory Syndrome, sebuah wabah virus pada tahun 2002-03 yang menewaskan ratusan orang di China dan Hong Kong, kata surat kabar itu.

Pejabat kesehatan Wuhan memanggil Li di tengah malam untuk menjelaskan mengapa dia berbagi informasi itu, dan polisi kemudian memaksanya untuk menandatangani pernyataan yang mengakui "perilaku ilegal," kata The Times.

"Jika para pejabat mengungkapkan informasi tentang epidemi sebelumnya," kata Li dalam sebuah wawancara di Times melalui pesan teks, "Saya pikir itu akan jauh lebih baik. Harus ada lebih banyak keterbukaan dan transparansi."

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home