Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 09:57 WIB | Kamis, 12 Mei 2016

Dominasi Kulit Putih Pemerintahan Trump Ancam Pluralitas AS

Penasihat keamanan nasional AS, Susan Rice. (Foto: washingtontimes.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), Susan Rice, memperingatkan bahwa kebijakan keimigrasian usulan Donald Trump dan pemerintahannya yang didominasi oleh politikus kulit putih dan pria akan memperlemah kemampuan Washington dalam menangkal ancaman keamanan.

Berdasarkan teks pidato yang akan disampaikan di sebuah universitas di Florida, Rice pada hari Rabu (11/5)  mengecam “suara-suara di luar sana yang merendahkan pluralitas di negara kita dan mempertanyakan apakah Amerika Serikat sebaiknya menerima atau tidak orang-orang dari semua ras, agama dan kepercayaan.”

Rice menegaskan bahwa para diplomat, tentara dan agen intelijen harus mencerminkan pluralitas ras dan etnis di AS.

“Jika tidak memberdayakan keberagaman latar belakang, etnis, kemampuan bahasa dan pengalaman sosial dan ekonomi, otomatis dunia kita akan menjadi kompleks.”

“Suara-suara tersebut lantang dikumandangkan dan mengintimidasi. Mereka dapat membuat kita merasa terpinggirkan. Namun, tahukah Anda Biarkan ketakutan menjadi masalah mereka, bukan kita.”

“Sudah terlalu sering, aparat keamanan nasional kita seperti yang disebutkan oleh mantan senator Florida Bob Graham, didominasi oleh orang kulit putih, pria dan alumni Universitas Yale,” ujar Rice, yang merupakan politikus Afro-Amerika.(AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home