Loading...
SAINS
Penulis: Martahan Lumban Gaol 13:06 WIB | Senin, 22 Desember 2014

DPD: Kembalikan Kemaritiman Bangsa Indonesia

Ketua DPD Irman Gusman. (Foto: dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ketua DPD Irman Gusman mengatakan Indonesia perlu mengembalikan karakter kemaritiman yang ada. Menurut dia, masa depan Indonesia ada di laut.

"Kita perlu mengembalikan karakter kemaritiman bangsa indonesia. Sebab masa depan bangsa ini ada di laut yang memiliki banyak potensi yang belum dimanfaatkan secara optimal," ujar Irman dalam acara Refleksi Akhir Tahun 2014 'Menutup Tahun Politik Mengawali Konsolidasi Nasional', di Lobby DPD, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/12).

Demi mewujudkan hal tersebut, lanjut dia, DPD mengajukan inisiatif Rancangan Undang-Undang (RUU) Kelautan yang sudah disahkan menjadi UU beberapa waktu silam.

Irman juga menyampaikan DPD terus mendorong diperkuatnya armada laut baik militer, ekonomi, dan industri. "Terakhir DPD terus mengupayakan dibentuknya koperasi nelayan untuk meningkatkan pemberdayaan pada nelayan," ujar dia.

"Kami berharap konsep ini bisa segera diwujudkan agar kesenjangan antar wilayah makin minimal dan integrasi bangsa makin kuat," Ketua DPD itu menambahkan.

Sektor Pertanian

Di sektor pertanian, kata Irman, DPD ingin menciptakan kedaulatan dan ketahanan pangan dapat dimaksimalkan dengan langkah-langkah yang strategis seperti perbaikan mutu lahan, pengairan yang kian baik, penyediaan bibit unggul, riset dalam bidang pagan, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Divesifikasi pangan dan memaksimlan sumber daya hayati sudah saatnya dioptimalkan juga mulai saat ini," ucap dia.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home