Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 23:00 WIB | Kamis, 01 September 2016

DPR Nilai Pemerintah Tak Siap Hadapi Kebakaran Hutan

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Anggota Komisi IV DPR Effendi Sianipar menyatakan,  pemerintah belum membuat antisipasi dalam menghadapi ancaman kebakaran hutan seperti di Provinsi Riau, padahal kejadian tersfebut termasuk masalah rutin yang disebabkan faktor alam dan faktor manusia.

"Jika saat ini kembali terjadi kebakaran hutan dan lahan, berarti pemerintah belum siap, mestinya sudah siap-siap," kata Effendi Sianipar di gedung DPR, Jakarta, Kamis (1/9).

Lebih lanjut dia menegaskan Riau sebagai area rawan kebakaran karena daerah gambut tentu sudah harus ada solusinya. Pemerintah daerah dan pemerintah pusat bersama masyarakat sudah harus punya jurus untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di Riau.

"Kalau faktor alam maka harus ada ramuan yang tepat cara mengatasi,"kata politisi senior PDIP ini seraya menyatakan, banyak pakar yang bisa diminta ilmunya membuat ramuan tersebut.

Effendi Sianipar, menegaskan dalam persoalan ini pengawasan harus betul-betul dijalankan sampai penegakan hukumnya sesuai UU yang ada. Pengawasan dari aparat kepolisian dan pemerintah daerah supaya lebih diintensifkan.

"Pemerintah harus siap-siap, harus diantisipasi penanggulangan kebakaran lebih dini dan siap menanggulanginya," kata anggota DPR dari daerah pemilihan Riau ini.

"Jangan setelah kebakaran semua kocar kacir. Kementerian Ibu Siti Nurbaya seharusnya sudah bisa membuat antisipasi," katanya. (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home