Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 21:37 WIB | Sabtu, 11 Juli 2015

DPR: Tokoh Agama Harus Ajak Umat Masuk Ekonomi Syariah

Ilustrasi: Salah satu kesenian tari untuk penyambutan selamat datang yang dimainkan oleh putra putri Muhammadiyah dalam acara Muhammadiyah Expo 2015 yang digelar di Lapangan Timur Monas. (Foto: Dok. Satuharapan.com/ Dedy Istanto)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Najib Q menyatakan tokoh agama atau kalangan ustadz dan dai harus mendukung serta mengajak masyarakat untuk masuk ke industri ekonomi syariah di Indonesia sebagai upaya menyelamatkan perekonomian umat Islam.

“Saya berharap para tokoh agama atau dai itu masuk ke dunia perbankan syariah demi menyelamatkan perekonomian umat," kata Ahmad di Bandung, Jumat (10/7).

Ia mengatakan, para tokoh agama senantiasa dekat dengan masyarakat khususnya umat muslim sehingga diharapkan lebih peduli terhadap perbankan yang menerapkan sistem ekonomi syariah.

Menurut dia, informasi berbagai perbankan syariah kurang disosialisasikan kepada masyarakat akibatnya masih cukup banyak umat muslim belum bergabung ke perbankan syariah.

"Dunia perbankan khususnya yang menerapkan syariah luput dari para dai, padahal itu ladang dakwah yang sangat potensial dan strategis," kata Ahmad.

Ia mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diterimanya bahwa masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam hanya tujuh persen mengakses perbankan syariah.

Jumlah tersebut, kata dia, akibat ketidak tahuan masyarakat muslim dan kurangnya sosialisasi.

"Kalau sosialisasi dilakukan dengan maksimal masyarakat pasti akan paham perbankan syariah," kata Inisiator Mandala Institute sebuah lembaga masyarakat yang fokus terhadap perekonomian syariah itu.

Menurut dia, selama ini umat Islam hanya menjadi objek dari industri perbankan khususnya yang konvensional.

"Perbankan konvensional kan jelas jelas ada ribanya tetapi masyarakat tidak ada pilihan sampai saat ini," kata Ahmad. (Ant)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home