Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 07:58 WIB | Rabu, 06 April 2022

Dua Mahasiswa Baru di AS Kembangkan Situs Web Bantu Pengungsi Ukraina

Mahasiswa baru Harvard, Marco Burstein, 18 tahun , dari Los Angeles, bekerja di depan komputernya di dekat kampus Universitas Harvard di Cambridge, Massacusset, AS, pada 16 Maret 2022. Tergerak oleh nasib para pengungsi Ukraina yang putus asa untuk melarikan diri dari pemboman Rusia di bekas republik Soviet, Burstein dan teman sekelas, Avi Schiffman, dari Seattle, menggunakan keterampilan pengkodean mereka untuk membuat UkrainaTakeShelter.com selama tiga hari yang heboh di awal Maret. (Foto: AP/Rodrique Ngowi)

CAMBRIDGE, SATUHARAPAN.COM-Dua mahasiswa baru Universitas Harvard telah meluncurkan situs web yang dirancang untuk menghubungkan orang-orang yang melarikan diri dari Ukraina dengan mereka yang berada di negara-negara yang lebih aman yang bersedia menerima mereka, dan itu menghasilkan tawaran bantuan dan perumahan di seluruh dunia.

Tergerak oleh nasib para pengungsi Ukraina yang putus asa untuk melarikan diri dari pemboman Rusia di bekas republik Soviet, Marco Burstein, 18 tahun, dari Los Angeles, dan Avi Schiffman, 19 tahun, dari Seattle, Amerika Serikat menggunakan keterampilan pengkodean mereka untuk membuat Ukiraine Take Shelter. selama tiga hari yang hiruk pikuk di awal Maret.

Sejak itu, lebih dari 18.000 calon tuan rumah telah mendaftar di situs tersebut untuk menawarkan bantuan kepada para pengungsi yang mencari kecocokan dengan tuan rumah di lokasi yang mereka sukai atau nyaman. Pada hari terakhir, Burstein dan Schiffman mencatat 800.000 pengguna.

“Kami telah mendengar segala macam kisah luar biasa tentang tuan rumah dan pengungsi yang terhubung di seluruh dunia,” kata Burstein dalam sebuah wawancara di kampus Harvard. “Kami memiliki tuan rumah di hampir semua negara yang dapat Anda bayangkan dari Hungaria dan Rumania dan Polandia hingga Kanada, hingga Australia. Dan kami benar-benar terpesona oleh tanggapannya.”

Lima pekan setelah invasi yang telah menewaskan ribuan orang di kedua sisi, jumlah orang Ukraina yang melarikan diri dari negara itu mencapai empat juta yang mengejutkan, setengah dari mereka adalah anak-anak, menurut PBB.

Schiffman, yang mengambil cuti satu semester untuk mengerjakan beberapa proyek, mengatakan dari Miami dia terinspirasi untuk menggunakan aktivisme internetnya untuk membantu setelah menghadiri rapat umum pro Ukraina di San Diego.

“Saya merasa bahwa saya benar-benar dapat melakukan sesuatu dalam skala yang lebih global di sini,” katanya. “Ukraine Take Shelter mengembalikan kekuasaan ke tangan pengungsi ... mereka dapat mengambil inisiatif dan menemukan daftar dan menghubungi tuan rumah sendiri daripada harus membeku di tepi jalan di Eropa Timur di musim dingin."

Di antara mereka yang menerima pengungsi melalui situs web adalah Rickard Mijarov, penduduk kota Linkoping, Swedia barat daya, yang berbagi rumahnya dengan pengungsi Ukraina berusia 45 tahun Oksana Frantseva, putrinya yang berusia 18 tahun dan kucing mereka.

Mijarov dan istrinya mendaftar di kedutaan yang menunjukkan bahwa mereka akan membantu, tetapi kemudian menemukan situs mahasiswa Harvard dan mendaftar di sana juga.

"Keesokan paginya, saya mendapat pesan dari Oksana menanyakan apakah kami punya tempat untuk mereka," katanya dalam wawancara melalui Zoom. "Itu menjadi kenyataan cukup cepat."

“Saya terkejut betapa cepatnya Rickard menjawab saya,” kata Frantseva dengan bahasa Inggris yang terbata-bata. Lima hari kemudian, dia, putrinya dan hewan peliharaan mereka berada di pintu depan.

Burstein dan Schiffman merancang platform dengan mempertimbangkan kekhawatiran khusus para pengungsi perang. Mereka bekerja untuk membuatnya semudah mungkin digunakan sehingga seseorang yang berada dalam bahaya langsung dapat memasuki lokasi mereka dan melihat tawaran bantuan yang paling dekat dengan mereka.

Di pihak tuan rumah, mereka juga memberikan kesempatan kepada calon tuan rumah untuk menunjukkan bahasa apa yang mereka gunakan; berapa banyak pengungsi yang dapat mereka tampung; dan larangan apa pun, termasuk untuk membawa anak kecil atau hewan peliharaan.

Untuk membantu menghindari perdagangan manusia dan bahaya lain yang dihadapi pengungsi yang rentan, platform ini mendorong pengungsi untuk meminta tuan rumah memberikan nama lengkap dan profil media sosial mereka, dan meminta panggilan video untuk menunjukkan akomodasi apa yang mereka tawarkan.

“Kami tahu bahwa ini berpotensi menjadi situasi yang berbahaya, jadi kami memiliki banyak langkah untuk memastikan perlindungan bagi para pengungsi kami,” kata Burstein. “Kami memiliki panduan terperinci yang kami berikan kepada semua pengungsi untuk membantu mereka memverifikasi tuan rumah yang mereka ajak bicara; pastikan bahwa orang yang mereka ajak bicara di telepon adalah orang yang sama dengan yang mereka temui secara pribadi.”

Kedua siswa tersebut mengatakan bahwa mereka mencoba untuk mengatur pertemuan dengan pejabat dari badan pengungsi PBB, dan mereka juga ingin bekerja sama dengan Airbnb, Vrbo, dan perusahaan persewaan liburan online lainnya.

Sejauh ini, mereka telah menanggung semua biaya, kesulitan bagi mahasiswa, untuk hosting web dan biaya Google Translate. Namun mereka bertekad untuk melanjutkannya selama mungkin dan sedang mempertimbangkan untuk mendaftar sebagai organisasi nirlaba, sehingga mereka dapat mengajukan permohonan hibah.

Kembali ke Swedia, Mijarov mengakui agak menakutkan untuk membuka rumahnya, tetapi dia tidak menyesal. “Ini pertama kalinya kami melakukan hal seperti ini,” katanya, duduk di sebelah Frantseva. “Tapi mereka orang yang sangat baik. Jadi, ya, berjalanlah dengan baik.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home