Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 18:45 WIB | Selasa, 06 September 2022

Dua Pejabat Jepang Ditangkap Terkait Suap Sponsor Olimpiade Tokyo 2020

Logo Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: dok. Ist.)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Jaksa Jepang menangkap dua pejabat terkait sponsor Olimpiade Tokyo pada hari Selasa (6/9) sebagai bagian dari penyelidikan suap yang meluas yang menurut media melibatkan mantan anggota dewan Tokyo 2020.

Surat kabar Nikkei melaporkan bahwa penerbit Kadokawa Corp membayar 70 juta yen (US$498.000) kepada sebuah perusahaan yang terkait dengan anggota dewan Tokyo 2020, Haruyuki Takahashi, yang menurut jaksa membantu perusahaan tersebut menjadi sponsor Olimpiade Tokyo.

Kadokawa membenarkan bahwa jaksa telah menangkap dua pejabat di perusahaan itu dan menggrebeg kantornya pada hari Selasa atas tuduhan suap.

"Perusahaan akan terus bekerja sama sepenuhnya dengan penyelidikan pihak berwenang," katanya dalam sebuah pernyataan. Ia menolak untuk mengomentari rincian masalah ini karena penyelidikan.

Saham di Kadokawa mengakhiri hari ini dengan 5,42 persen lebih rendah.

Takahashi sudah ditahan setelah ditangkap bulan lalu atas dugaan suap seputar Olimpiade. Media melaporkan bahwa jaksa memutuskan untuk menangkap kembali Takahashi, yang berarti dia menghadapi penahanan lebih lama sehingga jaksa dapat menanyainya lebih lanjut.

Sponsor Olimpiade Tokyo lainnya, Aoki Holdings, mengatakan pada hari Selasa bahwa jaksa telah mendakwa dua mantan eksekutif dan seorang eksekutif atas tuduhan suap.

Mereka ditangkap bulan lalu bersama Takahashi, menyusul laporan bahwa dia menerima suap dari Aoki, seorang pengecer pakaian.

Mantan ketua Aoki, Hironori Aoki, mengatakan kepada jaksa bahwa dia memberikan uang tunai kepada ketua panitia penyelenggara Olimpiade, mantan perdana menteri, Yoshiro Mori, harian Sankei melaporkan pekan lalu.

Reuters belum dapat menghubungi Aoki untuk memberikan komentar. Kantor Jaksa Penuntut Umum Distrik Tokyo menolak berkomentar. Juga tidak dapat menghubungi Mori atau perwakilan hukumnya untuk memberikan komentar. Mori membantah menerima uang tunai ke Sankei, surat kabar itu melaporkan.

Reuters melaporkan pada tahun 2020 bahwa Takahashi, yang dibayar jutaan dolar untuk bekerja pada tawaran sukses Tokyo untuk Olimpiade, mengatakan dia memainkan peran kunci dalam mengamankan dukungan dari mantan pialang kekuasaan Olimpiade yang kemudian dicurigai oleh jaksa Prancis menerima suap untuk membantu tawaran Jepang.

Takahashi mengatakan kepada Reuters pada saat itu pekerjaannya termasuk melobi anggota Komite Olimpiade Internasional Lamine Diack, kepada siapa dia memberikan hadiah, termasuk kamera digital dan jam tangan Seiko.

Dia kemudian mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan pembayaran yang dia terima atau dengan cara dia menggunakan uang itu.

Diack, yang pernah menjadi salah satu orang paling berpengaruh dalam atletik, dipenjara di Prancis pada 2020 karena korupsi. Dia meninggal tahun lalu pada usia 88 tahun. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home