Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 11:30 WIB | Kamis, 15 September 2022

Dua Tahun Abraham Accord, Bisnis Tumbuh Pesat di UEA dan Bahrain

Menteri Luar Negeri Bahrain, Abdullatif Al Zayani, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dan Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA), Abdullah bin Zayed, menunjukkan salinan perjanjian yang ditandatangani, sementara Presiden AS Donald Trump menyaksikan saat mereka berpartisipasi dalam upacara penandatanganan Kesepakatan Abraham, normalisasi hubungan antara Israel dan beberapa tetangga Timur Tengahnya, dalam penataan kembali strategis negara-negara Timur Tengah melawan Iran, di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, AS, 15 September 2020. (Foto: dok. Reuters)

ABU DHABI, SATUHARAPAN.COM-Para duta besar dan pemimpin bisnis di seluruh Israel, Bahrain dan Uni Emirat Arab telah memuji rekor dua tahun kesepakatan bisnis, kesepakatan perdagangan, dan hubungan yang lebih erat antara negara-negara Timur Tengah saat peringatan kedua Perjanjian Abraham (Abraham Accord) yang bersejarah.

Berbicara kepada Al Arabiya, para ahli mengatakan negara-negara tersebut terus mendapat manfaat dari perjanjian normalisasi karena tonggak sejarah dua tahun ditandai pada hari Kamis (15/9).

Fleur Hassan-Nahoum, Wakil Walikota Yerusalem dan salah satu pendiri Dewan Bisnis UEA-Israel, mengatakan selama dua tahun terakhir UEA telah menjadi salah satu mitra dagang dengan pertumbuhan tercepat untuk Israel dengan kesepakatan baru yang mencakup sektor penerbangan, energi , teknologi, dan kesehatan, antara lain.

Dia memperkirakan kesepakatan perdagangan akan berlipat ganda dalam 12 bulan ke depan. “Salah satu sorotan adalah Perjanjian Perdagangan Bebas yang ditandatangani dan membuka jalan untuk menciptakan peluang di industri utama, termasuk energi, jasa keuangan, distribusi, konstruksi, perhotelan, dan lainnya,” katanya. “Kami memperkirakan bahwa pada tahun ketiga hubungan ini, kami akan melihat perdagangan lebih dari dua kali lipat dari US$1,2 miliar menjadi US$3 miliar, tidak termasuk jasa.”

Hassan-Nahoum juga mengatakan ada "efek domino" yang menarik di mana negara-negara lain seperti Mesir dan Yordania mendapat manfaat dari peningkatan perdagangan dengan Israel. “Kami diberkati untuk hidup di era baru di wilayah kami yang menciptakan stabilitas dan peluang,” katanya kepada Al Arabiya.

Pada 13 Agustus 2020, UEA dan Israel mengumumkan bahwa mereka akan menjalin hubungan. Ini diikuti oleh Bahrain dan Israel pada 11 September 2020.

Beberapa hari kemudian, pada tanggal 15 September, ketiga negara menandatangani Deklarasi Kesepakatan Abraham yang menyatakan pengakuan mereka akan “pentingnya menjaga dan memperkuat perdamaian di Timur Tengah dan di seluruh dunia berdasarkan saling pengertian dan koeksistensi, serta penghormatan terhadap martabat manusia dan kebebasan, termasuk kebebasan beragama.”

Sudan dan Maroko juga telah menandatangani perjanjian damai.

Houda Nonoo, mantan Duta Besar Bahrain untuk Amerika Serikat, mengatakan kesepakatan itu sangat penting bagi kawasan itu.

“Sebagai warga wilayah ini, kita harus merayakan tonggak sejarah antara bangsa kita,” katanya. “Melalui dukungan kami kepada mereka, ditambah dengan cahaya penuntun yang diberikan oleh para pemimpin kami dan utusan diplomatik mereka, kami dapat menyaksikan hubungan ini mencapai potensi sebenarnya. Jika tahun lalu ini merupakan indikasi, hubungan antara Bahrain dan Israel kuat dan akan terus berkembang.”

“Ada pepatah China yang mengatakan, 'satu generasi menanam pohon; yang lain mendapat naungan,' generasi kita menandatangani Kesepakatan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak kita dan generasi yang akan datang, ”katanya kepada Al Arabiya.

Avi Hasson, CEO Start-Up Nation Central, sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan inovasi Israel di seluruh dunia, mengatakan Kesepakatan Abraham telah “melepaskan peluang dan potensi besar untuk wilayah kami.”

Dia menambahkan: “Kami telah mengubah dialog dari pertahanan dan keamanan menjadi inovasi dan kolaborasi.”

“Ketika kita melihat ke belakang selama dua tahun terakhir, inovasi dan teknologi telah memainkan peran sentral dalam pertukaran bisnis,” kata Hasson. Menurut dia, perdagangan dan investasi antara Israel dan negara-negara yang menandatangani Perjanjian Abraham akan berlipat ganda pada tahun 2023 dengan inovasi dan teknologi memainkan peran penting.

“Juga, lebih banyak perusahaan Israel akan membuka kantor di negara-negara Kesepakatan dan akan merekrut dan melatih bakat teknologi lokal, mengatasi tantangan sumber daya manusia sambil juga berkontribusi pada pengembangan ekosistem inovasi di negara-negara ini,” tambah Hasson.

Avi Melamed, mantan pejabat intelijen Israel dan pejabat senior urusan Arab, mengatakan: “Saya tidak melihat negara-negara GCC yang lain, Arab Saudi, Oman, Qatar, dan Kuwait, secara resmi bergabung dengan kerangka penuh Kesepakatan Abraham dalam waktu dekat di masa depan, meskipun ada bisnis yang dicoba dilakukan antara Israel dan banyak dari negara-negara ini.”

Dia percaya hubungan antara negara-negara Kesepakatan Abraham ”akan berlanjut dan semakin dalam di tahun-tahun mendatang dengan penekanan pada sektor-sektor berikut: intelijen, teknologi anti rudal dan roket, siber serta teknologi canggih yang membantu memecahkan dan mengurangi tantangan lingkungan dan iklim. ” (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home