Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:00 WIB | Jumat, 17 Maret 2023

Dua Tahun Iran Berusaha Memulihkan Hubungan dengan Arab Saudi

Pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei. (Foto: dok. Ist)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Bersemangat untuk mengakhiri isolasi politik dan ekonominya, Iran telah berusaha selama dua tahun untuk memulihkan hubungan dengan saingan lamanya Arab Saudi, kelas berat di kawasan Arab dan kekuatan minyak.

September lalu, Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei, kehilangan kesabaran dengan lambannya pembicaraan bilateral dan memanggil timnya untuk membahas cara mempercepat proses, yang mengarah pada keterlibatan China, kata dua pejabat Iran kepada Reuters.

Peran rahasia Beijing dalam terobosan yang diumumkan pekan lalu mengguncang dinamika di Timur Tengah, di mana Amerika Serikat selama beberapa dekade menjadi mediator utama, “meregangkan otot” keamanan dan diplomatiknya.

“China menunjukkan kesediaan untuk membantu Teheran dan Riyadh untuk mempersempit kesenjangan dan mengatasi masalah yang belum terselesaikan selama pembicaraan di Oman dan Irak,” kata seorang diplomat Iran yang terlibat dalam pembicaraan tersebut.

Kesepakatan itu dicapai setelah perpecahan diplomatik selama tujuh tahun. Bagi Arab Saudi, kesepakatan bisa berarti peningkatan keamanan. Pada 2019, Kerajaan menyalahkan Iran atas serangan terhadap instalasi minyaknya yang melumpuhkan setengah dari pasokannya.

Iran membantah terlibat. Milisi Houthi Yaman yang didukung Iran mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Menteri Keuangan Arab Saudi, Mohammed Al-Jadaan, mengatakan bahwa investasi Arab Saudi ke Iran sekarang dapat terjadi dengan cepat.

Memicu Konflik Regional

Arab Saudi memutuskan hubungan dengan Iran pada 2016 setelah kedutaannya di Teheran diserbu selama perselisihan antara kedua negara atas eksekusi Riyadh terhadap seorang ulama Muslim Syiah terkemuka.

Permusuhan antara kedua kekuatan tersebut telah membahayakan stabilitas di Timur Tengah dan memicu konflik regional termasuk di Yaman, Suriah, dan Lebanon.

Ditanya apakah kesepakatan Saudi-Iran mungkin pecah, Wang Di, seorang diplomat senior China yang terlibat dalam pembicaraan di Beijing, mengatakan kepada wartawan bahwa pemulihan hubungan adalah proses tanpa harapan bahwa semua masalah akan diselesaikan dalam semalam.

“Yang penting kedua belah pihak memiliki ketulusan untuk meningkatkan hubungan,” katanya, menurut reporter kantor berita Xinhua, Yang Liu di Twitter.

Arab Saudi, sekutu Arab terpenting bagi Washington, mulai mencari cara untuk membuka dialog dengan Republik Islam itu dua tahun lalu di Irak dan Oman, kata seorang pejabat Arab Saudi.

Hal ini menyebabkan momen kritis pada bulan Desember, ketika Presiden China, Xi Jinping, mengunjungi Riyadh. Dalam pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, presiden menyatakan keinginannya untuk menengahi dialog antara Arab Saudi dan Iran.

“Putra mahkota menyambut baik ini dan berjanji untuk mengirim, agar kami kirim ke pihak China, ringkasan dari putaran dialog sebelumnya, sebuah rencana tentang apa yang kami pikirkan tentang bagaimana kami dapat melanjutkan pembicaraan ini,” kata pejabat Arab Saudi itu.

Pada bulan Februari, Presiden Iran Ebrahim Raisi mengunjungi Beijing dan China meneruskan proposal Riyadh yang diterima oleh pihak Iran, tambah pejabat itu.

Mediasi China “Pilihan Terbaik”

Seorang pejabat Iran mengatakan kesepakatan itu mencakup berbagai masalah, dari masalah keamanan hingga masalah ekonomi dan politik.

“Saya tidak akan merinci, tetapi kami telah sepakat bahwa tidak ada negara yang akan menjadi sumber ketidakstabilan bagi yang lain. Iran akan menggunakan pengaruhnya di wilayah tersebut, khususnya di Yaman, untuk membantu keamanan Riyadh,” kata pejabat itu.

“Kedua belah pihak akan melakukan yang terbaik untuk menjaga keamanan di Teluk (Arab), menjamin aliran minyak, bekerja sama untuk menyelesaikan masalah regional, sementara Teheran dan Riyadh tidak akan terlibat dalam agresi militer satu sama lain.”

Koalisi Arab telah memerangi gerakan Houthi di Yaman selama bertahun-tahun.

Berapa banyak dukungan yang diberikan Iran kepada Houthi, yang memiliki ideologi Syiah, tidak pernah jelas. Negara-negara Sunni di Teluk menuduh Iran melakukan campur tangan melalui proksi Syiah di wilayah tersebut, sesuatu yang dibantah Teheran.

“Iran adalah pemasok utama senjata, pelatihan, program ideologis, propaganda, dan keahlian untuk Houthi dan kami adalah korban utamanya. Iran dapat melakukan banyak hal dan harus melakukan banyak hal,” kata pejabat Arab Saudi itu.

Iran memilih pejabat keamanan nasional seniornya Ali Shamkhani untuk memimpin negosiasi karena dia adalah etnis Arab, kata sumber regional yang termasuk dalam lingkaran dalam Khamenei.

“China menunjukkan kesediaan untuk membantu Teheran dan Riyadh untuk mempersempit kesenjangan dan mengatasi masalah yang belum terselesaikan selama pembicaraan di Oman dan Irak,” kata diplomat Iran yang terlibat dalam pembicaraan tersebut.

“China adalah pilihan terbaik mengingat kurangnya kepercayaan Iran terhadap Washington dan hubungan persahabatan Beijing dengan Arab Saudi dan Iran. China juga akan mendapat manfaat dari Timur Tengah yang tenang mengingat kebutuhan energinya,” kata seorang pejabat Iran, yang menjelaskan tentang pertemuan tersebut.

Tidak Berarti Tidak Ada Masalah

Setelah beberapa dekade ketidakpercayaan, friksi yang berkelanjutan seharusnya tidak mengejutkan. “Kesepakatan ini tidak berarti tidak akan ada masalah atau konflik antara Teheran dan Riyadh. Artinya, apa pun yang terjadi di masa depan akan dilakukan dengan cara yang 'dikendalikan'," kata orang dalam Iran, yang dekat dengan elite pembuat keputusan Iran.  (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home