Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 19:49 WIB | Jumat, 04 November 2016

Dubes Israel Lakukan Kunjungan Rahasia ke Uni Emirat Arab

Dubes Israel untuk PBB, Danny Danon ketika berpidato di ewan Keamanan PBB, pada 22 Oktober 2015 (Foto:UN PHOTO/KIM HAUGHTON)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM - Duta Besar Israel untuk Perserikatan Bangsa-bangsa, Danny Danon, dilaporkan melakukan kunjungan ke Dubai, Uni Emirat Arab, untuk menghadiri sebuah konferensi yang terkait dengan PBB.

Adanya kunjungan diam-diam itu dilaporkan pertama kali oleh saluran televisi Channel 2.

Danon mengunjungi negara kaya minyak itu untuk menghadiri konferensi pembangunan dalam kapasitasnya sebagai ketua Komite Hukum PBB, jabatan yang dijabatnya  pada bulan Juni.

Perjalanan itu dilakukan diam-diam dan di bawah langkah-langkah keamanan yang ketat agar tidak menimbulkan kritik dari pemerintah UEA dan rakyatnya.

Langkah ini, menurut Channel 2, bernilai signifikan mengingat negara-negara Arab selama ini kurang bersahabat dengan Israel. Langkah ini adalah tanda terbaru dalam upaya Israel untuk lebih dekat dengan tetangga Arabnya menyusul ketidakstabilan di wilayah itu.

Israel baru-baru ini telah melakukan gerakan dalam bidang diplomatik dan melihat pentingnya upaya untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara Arab dan Muslim untuk berbagi kepentingan  keamanan dan ekonomi bersama, seperti dengan Arab Saudi dan Turki.

Pada musim panas tahun lalu, misalnya, Arab Saudi dan Israel mengakui melakukan sejumlah pembicaraan rahasia sejak awal 2014 tentang Iran dan ancaman yang unik dari negara itu terhadap wilayah tersebut.

Ketegangan antara kedua negara telah menurun drastis sejak itu, dengan perubahan penting dalam wacana publik Saudi yang terkesan menawarkan sikap yang lebih ramah terhadap negara Yahudi. (Jerusalem Post)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home