Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:03 WIB | Kamis, 30 Maret 2017

Dubes Janjikan Brexit Tidak Ubah Peran Inggris di PBB

Ilustrasi. Warga London turun ke jalan menolak Brexit (Foto: Neil Hall/Reuters)

PBB, SATUHARAPAN.COM - Duta besar Inggris untuk PBB pada Rabu (29/03) berjanji bahwa dimulainya negosiasi keluar dari Uni Eropa (UE) tidak akan mengganggu peran negaranya di panggung dunia.

Duta Besar Matthew Rycroft mengatakan Inggris akan terus menyesuaikan diri dengan sikap bersama UE mengenai berbagai masalah di Dewan Keamanan sementara pembicaraan Brexit berjalan.

Dan dia berjanji bahwa, bahkan setelah London dan Brussel merampungkan proses perpisahan mereka, Inggris akan tetap mempertahankan kursi tetapnya di Dewan Keamanan PBB.

“Inggris terus menjadi anggota penuh Uni Eropa hingga proses dua tahun yang dimulai perdana menteri pada hari ini berakhir,” kata Rycroft.

“Apabila ada sikap-sikap Uni Eropa, kami akan dengan setia mewakili mereka di Dewan Keamanan,” ungkapnya kepada wartawan, setelah memimpin pertemuan Dewan.

“Kami anggota tetap Dewan Keamanan sebelum kami bergabung dengan UE. Kami anggota tetap saat menjadi anggota UE. Kami akan terus menjadi anggota tetap Dewan Keamanan setelah kami keluar dari UE.”

Ketika ditanyai apakah sikap Inggris mungkin berbeda dari para mitranya setelah Brexit selesai, Rycroft mengatakan: “Tergantung pada bagaimana negosiasi berjalan.”(Ant/AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home