Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:52 WIB | Rabu, 12 Oktober 2022

Dubes Ukraina di PBB: Rusia Negara Teroris

PBB Gelar Sidang perdebatan tentang aneksasi Rusia atas empat wilayah Ukraina.
Duta Besar Ukraina untuk PBB, Sergiy Kyslytsya, berpidato di depan Dewan Keamanan PBB setelah pemungutan suara mengenai rancangan resolusi yang menyetujui pencaplokan perang yang direncanakan Rusia yang menduduki wilayah Ukraina, Jumat 30 September 2022 di markas besar PBB. (Foto: dok. AP/Bebeto Matthews)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Majelis Umum PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) mulai berdebat pada hari Senin (10/10) apakah akan menuntut agar Rusia membatalkan mencaplok empat wilayah Ukraina,  sebuah diskusi yang muncul ketika serangan rudal paling ekstensif oleh Moskow dalam beberapa bulan membuat banyak komunitas internasional khawatir lagi.

Sidang khusus majelis itu direncanakan sebelum serangan hari Senin, tetapi negara-negara berbicara tentang serangan jam sibuk Senin pagi yang meluas yang menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai banyak orang.

Duta Besar Ukraina, Sergey Kyslytsya, mengatakan beberapa kerabat dekatnya terancam di sebuah bangunan tempat tinggal, tidak dapat berlindung di tempat perlindungan bom.

“Dengan meluncurkan serangan rudal terhadap warga sipil yang tidur di rumah mereka atau bergegas menuju anak-anak yang pergi ke sekolah, Rusia telah membuktikan sekali lagi bahwa itu adalah negara teroris yang harus dicegah dengan cara sekuat mungkin,” katanya.

Rusia mengatakan pihaknya menargetkan fasilitas militer dan energi. Tetapi beberapa rudal menabrak daerah sipil: taman, minibus komuter, dan banyak lagi.

Rusia mengatakan pihaknya membalas apa yang disebutnya serangan "teroris" Ukraina pada hari Sabtu di sebuah jembatan penting, dan Duta Besar Rusia, Vassily Nebenzia, mengatakan kepada majelis bahwa Moskow telah memperingatkan bahwa tidak akan ada impunitas untuk tindakan semacam itu.

Jembatan itu adalah "infrastruktur sipil, infrastruktur kritis," katanya kepada wartawan di luar ruangan.

Pejabat Ukraina belum mengkonfirmasi bahwa Kiev berada di balik serangan jembatan atau insiden sabotase lainnya, tetapi mengatakan mereka menyambut baik kemunduran bagi Rusia di semua wilayah yang diklaim telah dicaploknya.

Kecaman Internasional

Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, “sangat terkejut” oleh serangan Rusia dan berbicara pada hari Senin dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, kata juru bicara PBB, Stéphane Dujarric.

Berbagai negara juga menyayangkan pengeboman tersebut. Duta Besar Turki untuk PBB, Feridun Sinirlioğlu, yang negaranya membantu PBB menengahi kesepakatan Juli untuk membuat ekspor gandum Ukraina dan Rusia mengalir, menyebut serangan hari Senin itu “sangat mengkhawatirkan dan tidak dapat diterima.”

Duta Besar Kosta Rika, Maritza Chan Valverde, mengatakan serangan itu menunjukkan "penghinaan yang berkelanjutan dan menyeluruh terhadap hak asasi manusia, hukum humaniter, dan norma-norma internasional."

Beberapa jam setelah rudal terbang, majelis PBB berkumpul untuk mempertimbangkan menanggapi penyerapan Rusia bulan lalu dari wilayah Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia Ukraina.

Langkah itu mengikuti “referendum” yang diatur Kremlin yang telah ditolak oleh pemerintah Ukraina dan Barat sebagai pemungutan suara palsu yang dilakukan di tanah yang diduduki di tengah peperangan dan pemindahan.

Sebuah resolusi majelis yang diusulkan akan menuntut agar Moskow “segera dan tanpa syarat” membatalkan aneksasi yang seharusnya dan menyerukan semua negara untuk tidak mengakuinya. Langkah itu, yang dipelopori oleh Uni Eropa, juga akan menuntut penarikan segera, lengkap dan tanpa syarat pasukan Rusia dari semua wilayah Ukraina yang diakui secara internasional.

Duta Besar Rusia mengecam debat tersebut sebagai latihan sepihak dalam mendorong narasi anti Rusia.

“Sinisme, konfrontasi, dan polarisasi berbahaya seperti hari ini yang belum pernah kita lihat dalam sejarah PBB,” kata Nebenzia. Dia mengulangi klaim negaranya bahwa "referendum" itu valid dan bahwa Moskow berusaha untuk "melindungi" orang-orang di wilayah itu dari apa yang dilihat Kremlin sebagai pemerintah Ukraina yang bermusuhan.

Lusinan negara dari Latvia hingga Fiji mendukung resolusi tersebut pada Senin, beberapa di antara mereka berbicara melalui organisasi regional. Perdebatan akan berlanjut hari Rabu, dan teman-teman Rusia seperti Suriah dan Korea Utara termasuk di antara negara-negara yang mendaftar untuk berbicara.

Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, yang menjawab pertanyaan hari Senin di Australia, menolak mengatakan apa pendapat negaranya tentang tindakan itu.

Sidang yang beranggotakan 193 orang itu diperkirakan akan memberikan suara pada hari Rabu atau lebih lambat. Rusia menginginkan pemungutan suara rahasia, sebuah langkah yang tidak biasa yang ditolak majelis, dengan suara 107-13, dengan 39 abstain. Tawaran Rusia untuk mempertimbangkan kembali ide pemungutan suara rahasia ditolak.

Rusia baru-baru ini memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang serupa yang akan mengutuk aneksasi tersebut. Berdasarkan keputusan yang dibuat awal tahun ini, veto Dewan Keamanan sekarang harus dijelaskan di Majelis Umum.

Majelis tidak mengizinkan veto, tetapi resolusinya tidak mengikat secara hukum, seperti halnya Dewan Keamanan. Selama perang, majelis telah memilih untuk menuntut agar Rusia menghentikan serangannya, menyalahkan Moskow atas krisis kemanusiaan di Ukraina dan untuk menangguhkan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB.

Sementara itu, telah terjadi kebuntuan di Dewan Keamanan, di mana Rusia termasuk di antara lima negara yang memiliki hak veto. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home