Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 14:23 WIB | Senin, 19 Januari 2015

Elang Alap Nipon: Elang Seukuran Merpati

Elang Alap Nipon. (Foto: wikipedia.org)

SATUHARAPAN.COM – Elang Alap Nipon (Accipiter gularis) ini besarnya hampir sama dengan merpati, dan dikenal sebagai salah satu raptor yang bermigrasi. Menghindari musim dingin dengan pindah sampai ribuan mil. Mengamati raptor dalam migrasi menjadi kegiatan menarik secara internasional.

Selama perjalanan bisa tidak makan, sehingga berat badannya turun drastis. Untuk menghemat energi, burung ini memanfaatkan udara panas (termik) untuk terbang tinggi (hover), kemudian meluncur mengikuti arus  angin (glide). Cara yang sama dilakukan para penggemar terbang layang

Elang ini dalam tersebar di Cina, Siberia, dan Jepang pada saat udara di belahan utara katulistiwa dingin yaitu pada bulan Maret – Oktober dan Indonesia, Malaysia, Pilipina pada saat udara belahan utara katulistiwa mulai hangat di bulan Oktober - Maret

Rute migrasi elang ini mulai dari Pintu Timur (eastern inland coridor)yaitu  Siberia, Cina, Indocina, semenanjung Malaya, masuk Indonesia melalui Sumatra dan Jawa.

Kemudian rute yang lain adalah Pintu Pasifik (pasific coridor)yaitu  Pulau Kuril dan Sakhalin, Jepang Taiwab, Pilipina, masuk Indonesia melalui Kalimantan dan Sulawesi.

Lokasi pengamatan proses migrasi Elang Alap Nipon di Indonesia yaitu untuk wilayah Jawa Barat bisa dipantau dari Cibulao, Puncak Pass, Tangkuban Perahu dan Jatinangor. Kemudian untuk wilayah Jawa Tengah yaitu Linggo (Dieng), Ungaran. Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur yaitu Semeru dan Ijen dan wilayah Bali meliputi Gilimanuk dan Teluk Terima.  (LIPI)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home